Profil P2M


Untuk merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, UM Pontianak membentuk Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sejak berdiri tersebut. Secara fungsional lembaga ini bertugas mengkoordinir, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi penelitian dan pengabdian pada masyarakat di lingkup sivitas akademika Unmuh Pontianak sebagai suatu manajemen penelitian. Kemudian apabila dijabarkan lebih luas, tugas LPPM tersebut meliputi membangun dan mengembangkan llmu pengetahuan dan teknologi serta seni (ipteks) di kalangan sivitas ademika, meningkatkan profesionalisme sumberdaya peneliti, mengelola dan menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mengembangkan kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat antar perguruan tinggi maupun dengan lembaga pemerintah danstakeholderslainya, dan menyebarluaskan (diseminasi) hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk mendukung pelaksanaan tugasnya, sejak tahun 2001 LPPMUM Pontianak membentuk 4 unit kerja yaitu:Pusat Studi Lingkungan Pesisir dan Sumberdaya Bahari (PSL Pesisir dan Sumberdaya Bahari)

  1. Pusat Studi Wanita (PS. Wanita)

  2. Pusat Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (PSIK)

  3. Pusat Studi Rekayasa Teknologi (PSRT).

Sesuai dengan bidang ilmu yang ada di UM Pontianakdan melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ke depan, maka mulai 2009 LPPM-UM Pontianak menambah 3 (tiga) unit kerja yaitu :

  1. Pusat Studi Ekonomi dan Kewirausahaan

  2. Pusat Studi Kesehatan Masyarakat

  3. Pusat Studi Pendidikan


VISI DAN MISI KELEMBAGAAN

Yang menjadi Visiadalah menjadi lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Unmuh Pontianak terkemuka dalam pengembangan sumberdaya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan nilai-nilai keislaman di tingkat regional dan nasional.

Sedangkan misi LPPM UM Pontianak, antara lain :

  1. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengutamakan penegakan etika dalam meneliti dan mengabdi dan penegakan nilai-nilai keislaman, proses penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu tinggi dan bermanfaat luas serta yang akuntabel.

  2. Meningkatkan kualitas dosen peneliti dan pengabdi melalui pelatihan dan lokakarya, workshop, seminar dan publikasi ilmiah.

  3. Mendorong dan memfasilitasi para dosen peneliti dan pengabdi melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  4. Meningkatkan kreativitas dosen dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  5. Mendorong kemampuan dosen peneliti dan pengabdi dalam berwirausaha dibidang ilmu masing-masing.


TUJUAN

Dibidang penelitian, tujuan yang ingin dicapai yaitu mampu melaksanakan penelitian yang bertumpu pada pemanfaatan dan pengembangan iptek dengan memperhatikan sumber daya yang ada di daerah sehingga memberikan nilai tambah bagi pengembangan potensi daerah, di samping itu tidak melupakan kajian-kajian yang bersifat nasional, dan internasional sehingga dapat menunjang pengembangan iptek.

Untuk bidang pengabdian masyarakat, tujuan yang ingin di capai adalah menyediakan informasi ilmiah baik bersifat lokal, regional, maupun internasional kepada masyarakat, menjadi mitra masyarakat dalam penerapan ilmu dan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan, dan menjadi fasilitator dan motivator bagi masyarakat dalam pertisipasi pembangunan.


Link Terkait : LPPM

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]