KKU


Perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan yang memiliki sumberdaya manusia yang handal harus mampu memberikan alternatif upaya pemberdayaan dan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Hal ini sesuai dengan mandat utama perguruan tinggi di Indonesia yaitu memberi nilai tambah dan mengabdi untuk masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Selain itu peran dunia pendidikan tinggi sangat dimungkinkan dan sesuai tugas pokoknya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang kemasyarakatan yaitu dharma yang ketiga “Pengabdian Kepada Masyarakat”. Salah satu aplikasi atau wadah dharma yang dimaksud direalisasikan melalui kegiatan Kuliah Kerja Usaha (disingkat KKU) yang secara integral merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa tingkat strata S1 sesuai dengan kurikulumnya.

Berdasarkan arahan secara umum dari Ketua MPM PP Muhammadiyah (Mantan Menteri Pendidikan Nasional RI) Bapak Prof. Dr. Bambang Sudibyo, keputusan bersama Panduan KKU/KKN-PPM 2016 (Revisi Panduan KKU 2015). LPPM UNMUH PONTIANAK 3 pada Semiloka LPPM/LPKM PTM Se-Indonesia di UM Surakarta (Maret 2011) dan dilanjutkan pada Rakernas LPPM/LPKM PTM dan MPM PWM Se-Indonesia di UM Malang (Mei 2011) serta mengadopsi dari Pedoman KKN-PPM DP2M DIKTI Kemendiknas RI, maka mulai tahun 2011 pelaksanaan KKU di UNMUH Pontianak (yang dalam proses penyempurnaan menjadi KKN-PPM) sementara ini dalam bentuk Kuliah Kerja Usaha/Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKU/KKN-PPM).

Melalui KKU/KKN-PPM, mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan IPTEKS. Secara lebih nyata, KKU/KKN-PPM merupakan media penerapan IPTEKS di masyarakat secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat. Kegiatan KKU/KKN-PPM juga diharapkan menjadi pendorong pengembangan riset terapan secara mutualistik dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat serta mengembangkan kepekaan rasa dan kognisi sosial mahasiswa. Bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat, kegiatan KKU/KKN-PPM dapat membantu percepatan proses pembangunan serta membentuk kader penerus kegiatan pembangunan.


Unduh.
Panduan Lengkap KKU 2016 LPPM

Buku Panduan KKU 2017 LPPM

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]