Profil Kerja Sama

Kebijakan dan sistem pengelolaan kerjasama di UM Pontianak ditangani langsung oleh Badan Kerja Sama di bawah Wakil Rektor 2. Fungsi, kewenangan dan tugas Badan Kerja Sama dicantumkan pada Statuta UM Pontianak dan dijelaskan secara lebih rinci dalam SK Rektor No 005/II.3.AU/SK/2013 tentang Pembentukan Badan Kerja Sama. Badan Kerja Sama ini bertugas:
a. Melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan integrasi dalam lingkungan UM Pontianak dan instansi lain.
b. Memfasilitasi dan memperlancar proses kegiatan kerjasama yang diusulkan oleh fakultas, lembaga, unit kerja atau perorangan
c. Merencanakan, mengembangkan dan melaksanakan penjajakan kegiatan kerjasama dengan pihak mitra
d. Mengembangkan sistem informasi kerjasama
Kerjasama dan perluasan jejaring (networking) UM Pontianak diarahkan dalam rangka mempercepat proses pengembangan UM Pontianak ke depan. Dalam kaitan ini, adapun program yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:
a. Mengembangkan tatakelola kerjasama terstandar termasuk penerapan panduan kerjasama UM Pontianak.
b. Mempertahankan dan memelihara berbagai program kerjasama yang telah berjalan dengan baik, dan melakukan berbagai upaya untuk memulai berbagai program kerjasama yang selama ini belum berjalan sementara MoU nya sudah ada dan masih berlaku.

Pelaksanaan kerjasama yang dikoordinasikan oleh Badan Kerja Sama UM Pontianak diatur dalam Pedoman Pelaksanaan Kerja Sama sesuai dengan SK Rektor No 006/II.3.AU/SK/2015 yang disusun pada tahun 2015 dan berlaku hingga tahun 2020. Pelaksanaan kerja sama yang dilakukan oleh unit-unit kerja di lingkungan UM Pontianak atau Civitas Akademika secara individu berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut : (1) Kejelasan tujuan dan hasil yang diperoleh dari kerjasama; (2) Kerjasama dilakukan berdasarkan saling membutuhkan dan saling menguntungkan; (3) Dikerjakan oleh petugas yang memahami konsep, teori dan proses serta berpengalaman dalam kerjasama; (4) Melibatkan berbagai pihak yang dipandang perlu dan berkepentingan secara proaktif; (5) pelaksanaan kerjasama dapat dipertanggungjawabkan secara internal dan eksternal; (6) dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan; (7) berbasis indikator kinerja, efektif dan efisien; (9) sifat kerjasama adalah bersifat melembaga.


Lingkup Kerja sama :

Bidang Pendidikan dan Pengajaran

a. Peningkatan mutu sumberdaya manusia bidang pendidikan dan pengajaran
b. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran
c. Jasa konsultasi mengenai pendidikan dan pengajaran
d. Jasa supervisi
e. Lain-lain

Bidang Penelitian dan Pengembangan Ilmu
a. Penyelenggaraan berbagai kegiatan penelitian
b. Peningkatan mutu sumberdaya manusia bidang penelitian
c. Pendokumentasian, penyebaran, pemanfaatan dan pengembangan hasil penelitian
d. Supervisi
e. Penyediaan Instrument
f. Lain-lain

Bidang Pengabdian kepada Masyarakat
a. Penyelenggaraan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat
b. Peningkatan mutu SDM dan sarana dan prasarana
c. Pendokumentasian dan pemanfaatan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat
d. Supervisi
e. Jasa perencanaan dan pengembangan
f. Pedampingan masyarakat yang melibatkan Cabang dan Ranting Muhammadiyah
g. Lain-lain

Bidang-bidang Kegiatan lain dan konsultasi mengenai penelitian
a. Pengisian berbagai jabatan structural dan fungsional
b. Peningkatan mutu manajemen
c. Penerbitan karya ilmiah
d. Penyelenggaraan seminar, lokakarya dan kegiatan ilmiah lainnya
e. Penggunaan logo dan nama UM PONTIANAK
f. Penggunaan perpustkaan

g. Penggunaan laboratorium
h. Lain-lain fasilitas yang relevan dan dimiliki kedua belah pihak


Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com