Magang: Landasan Jati Diri Pendidik dan Kompetensi Akademik Abrori / 01-Oct-2018 11:10:44

UM Pontianak beberapa saat lalu memberikan pembekalan pada para mahasiswa. pembekalan ini dalam rangka menyiapkan calon guru profesional. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) UM Pontianak yang merupakan lembaga pencetak guru professional di Kalimantan Barat telah menyiapkan rancangan dan menetapkan program magang. Konsep magang tersebut merupakan program baru dalam kurikulum yang dilaksanakan pada komunitas sekolah. Pembekalan ini penting dilakukan kepada peserta magang mengingat dalam prosesnya peserta magang akan dilakukan pembimbing yang melibatkan dosen dan guru di sekolah mitra.

Arif Didik Kurniawan, S.Pd.,M.Pd mengatakan bahwa “Sebagaimana diketahui bahwa setiap program magang memiliki tujuan yang berbeda. Magang I misalnya bertujuan membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan. Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan yang berkaitan dengan kompetensi akademik bidang studi dan memantapkan kemampuan awal guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Magang III bertujuan memberikan pengalaman awal tambahan sesuai dengan kewenangan tambahan yang akan diberikan kepada calon guru. Pembekalan ini dimaksudkan agar pencapaian tujuan magang tersebut dapat memenuhi target yang diharapkan.” Tuturnya

Lebih lanjut Dekan FKIP UM Pontianak ini juga menjelaskan “pengenalan dan pembekalan program magang perlu dilakukan dengan sasaran mahasiswa. Hal ini, agar mahasiwa dapat memahami substansi, tujuan, dan teknis pelaksanaannya.Sehingga sebagai acuan atau rambu-rambu dapat dilaksanakan dengan tepat oleh mahasiswa peserta magang. Bagian yang krusial dalam pelaksanaan magang ini adalah apa saja ruang lingkup yang harus dilakukan selama magang, prosedur magang, proses pembimbingan dan produk yang diharapkan dari program magang tersebut”.

Adapun materi pembekalan meliputi materi umum yaitu profesionalisme guru dan materi khusus yang meliputi: Etika dan Profesionalisme Kependidikan; Budaya Sekolah; Kapita selekta Perkembangan Peserta Didik, Pengantar Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran; Pelaksanaan program magang dan Pelaporan program magang. Peserta pembekalan adalah mahasiswa FKIP dari program studi pendidikan Biologi 104, pendidikan kimia  21 pendidikan Guru Anak Usia Dini  sejumlah 95 mahasiswa.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran