Coaching Clinic UM Pontianak “How to write curriculum vitae and motivation letter” Abrori / 30-Sep-2018 23:09:43

Dalam rangka mempersiapakan para calon penerima beasiswa ke Eropa, UM Pontianak membuka coaching clinik untuk umum. Kegiatan ini merupakan buah kerjasama dengan Erasmus+ awardee. Coaching Clinic diadakan sebagai kegiatan lanjutan dari Ngopi Pagi Erasmus. Acara ini mengangkat tema “How to write curriculum vitae and motivation letter”. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta bagaimana caranya mengisi dan membuat curriculum vitae, europass cv dan penulisan motivation letter dalam melamar beasiswa. Selain itu, memberikan pengetahuan juga tentang kriteria dan penilaian dari CV dan Motivation letter oleh tim penilai.

Pada kesempatan tersebut peserta yang hadir sejumlah 50 orang. Mereka datang dari berbagai kampus antara lain: UM Pontianak, Poltekes Kemenkes Pontianak, UNTAN, IAIN Pontianak, STIK Muhammadiyah Pontianak, perwakilan guru MTS Mujahidin Sintang, perwakilan RSUD dr.abdul aziz Singkawang, perwakilan Pemkot Pontianak, perwakilan NADFC, perwakilan BBPOM Pontianak, Politeknik Negeri Pontianak, Dinas Perikanan, Arsitek freeland, DInas Pendidikan, YES Domg, dan UM Malang.

Adapaun narasumber acara dibagi dalam 3 sesi, sesi pertama adalah tentang kriteria dan penilaian yang disampaikan oleh Doddy Irawan, ST., M.Eng., PhD. Sesi kedua adalah tentang cara pembuatan CV menggunakan editor online europass yang disampaikan oleh Astrid Ayu Maruti, S.Farm., M.Sc., Apt. Sesi terakhir adalah penulisan motivation letter yang disampaikan oleh Rahmat Putra Yudha, M.Ed Tesol. Acara dilaksanakan di Aula Pertemuan Lt. 3 UM Pontianak. Rahmat Putra Yudha, M.Ed Tesol pada kesempatan tersebut membagikan pengalamannya “bagaimana cara menulis motivation letter agar pemberi beasiswa mau menerima: Pertama, orisinalitas. Kedua, menjawab pertanyaan yang sebenarnya (mengapa ingin jadi doktor, dan mengapa anda merupakan doktor terbaik di masa depan sehingga kami harus membiayai anda). Ketiga, potongan cerita kehidupan (Batasan kata, jangan berusaha untuk menjelaskan segala sesuatu, fokus kepada salah satu aspek dalam kehidupan)”. Jelasnya 

Lebih lanjut  beliau membagikan bagaimana cara menulis motivation letter yang baik dan benar: Pertama, siapa diri anda. Kedua, latar belakang Pendidikan. Ketiga, prestasi dan pengalaman kamu. Keempat, skill. Kelima, alasan anda ingin melanjutkan studi dengan program beasiswa tersebut dan kenapa anda memilih bidang studi yang anda pilih. Keenam, mata kuliah apa yang bermanfaat buat anda dalam program beasiswa yang dipilih. Ketujuh, apa yang akan anda lakukan setelah masa studinya selesai.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran