Try Out Adaptasi Mahasiwa dalam Berbagai Soal UKAKMI Abrori / 23-Sep-2018 14:09:12

Fikes UM Pontianak dua hari ini melakukan try out pada mahasiswa. Try out ini dilakukan guna membantu para mahasiswa lancar dan terbiasa dalam mengerjakan soal saat Ujian Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia. Ada beberapa dosen yang terlibat dalam try out tersebut, mengingat ujian tersebut berbagai disiplin peminatan ilmu kesehatan masyarakat. Acara diawali dengan penjelasan teknis yang disampaikan oleh Ka Program studi Kesehatan Masyarakat Bapak Abduh Ridha, SKM.,MPH, dan Try out 1 Ujian Komptensi Ahli Kesehatan Masyarakat (UKAKMI) yang disampaikan oleh Dedi Alamsyah, SKM.,M.Kes (Epid). Selanjutnya disampaikan beberapa materi mulai Kesehatan dan Keselematan Kerja, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Biostatistik dan Metodologi Penelitian, Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Epidemiologi, KIA dan Kesehatan Reproduksi serta Gizi Kesehatan. Kegiatan tersebut diikuti 108 peserta dari Prodi Kesmas Fikes UM Pontianak dan Prodi Kesmas Kelas Sintang 10 orang peserta dari berbagai peminatan dan angkatan. UKAKMI ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun, pertama kali dilaksanakan pada bulan April 2018.    

Fikes UM Pontianak dalam try out ini menggunakan metode metode Paper Based Test dengan tujuan agar para mahasiswa dapat beradaptasi dengan berbagai soal UKAKMI dan meningkat angka kelulusan pada saat Uji Kompetensi. Tidak hanya itu saja kegiatan tersebut juga akan melatih keterampilan mahasiswa untuk menjawab soal ujian dengan baik dan tidak terlalu kaget ketika menghadapi soal UKAKMI. Serta mahasiwa dapat mengukur sejauh mana kemampuan diri mahasiwa. Try Out ini tidak memungut biaya pendaftaran (GRATIS).

Uji Kompetensi adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Uji Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKSKMI) dikembangkan dan diselenggarakan sebagai pemenuhan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang kemudian diikuti oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 83 Tahun 2013 tentang Sertifikat Kompetensi dan Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2013 dan Nomor 1/IV/PB/2013 tentang Uji Kompetensi bagi Mahasiwa Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan.

Tujuan dari adanya Uji Kompetensi ini agar ada standar mutu lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM). Karena tidak bisa dipungkiri saat ini banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang membuka fakultas/program studi Kesehatan Masyarakat. Untuk mengontrol mutu lulusan tersebut perlu adanya penyeragaman, karenanya penting diadakan Uji Kompetensi tersebut. mengingat setiap perguruan tinggi khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat-nya beda-beda.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran