Alumni Pendidikan Kimia UM Pontianak Juara 2 Tingkat Nasional Abrori / 06-Aug-2018 18:08:05

Pada pertengahan tahun ini UM Pontianak patut berbangga, tidak hanya mahasiswa, dosen yang membawa nama harum lembaga. Bahkankan alumni pun juga ikut berpartisipasi. Salah satunya adalah Septian Triadi Syahputra (23 Tahun). Ia adalah salah satu Alumni FKIP Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2012 UM Pontianak. kerberhasilanya adalah meraih juara II LombaMicroteachingGuru Kimia Tingkat Nasional. Pada ini berhasil menyisihkan 50 Peserta terbaik dari seluruh Indonesia. Kemudian diseleksi tahap II yang hanya diambil sebanyak 15 Peserta (Guru) terbaik untuk menjadi finalis yang telah dilaksankan pada tanggal 4 Agustus 2018 Lantai 4 gedung FMIPA UII - Yogyakarta.

Septian mengatakan bahwa “Microteachingmerupakan simulasi mengajar dalam kelas mikro (kelas kecil). Dia berceriata pada awalnya tidak tertarik dengan dunia mengajar namun lambat laun karena sering tampil di depan kelas untuk menjelaskan materi pembelajaran menjadi kecanduan.  Ternyata mengajar itu menjadi asik dan menyenangkan yang pada akhirnya dia ingin mengembangkan kemampuan dalam mengajar dengan mengikuti cara mengikuti ajang perlombaan. Mengingat dalam perlombaan dia banyak bertemu dengan para pendidik yang memiliki latar belakang pendidikan yang sangat luar biasa dan ada beberapa guru yang pernah menjuarai lomba Guru Terbaik Tingkat Nasional, tetapi karena optimis dan ingin membuktikan bahwa guru honorer yang ada di daerah tidak kalah hebat.  Dengan seringnya bertemu dengan banyak peserta lomba dari berbagai daerah, septian banyak pengalaman dan strategi untuk mengajar.” terangnya.

Lebih lanjut Septian, sebelum mengikuti lomba Microteaching, Ia juga sering mengikuti lomba lainnya seperti Juara I Lomba Microteaching Kimia Tingkat Nasional katagori mahasiswa, Juara I Lomba Olimpiade Nasional di UM Pontianak, dan yang terakhir Menjadi Finalis di Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS 28) di Universitas Halu Oleo Kendari - Sulawesi Tenggara. Tidak hanya itu saja Septian merupakan alumni yang cukup berbakat dalam akademik terlebih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diraihnya pada saat lulus dari UM Pontianak sangat memuaskan yaitu 3,81.

Alumni yang juga Guru Honorer di SMA Negeri Kota Pontianak  menjadi finalis perjuangan yang harus ia lalui adalah dia harus mengirimkan Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) dan Power Point Materi dengan durasi mengajar 10 Menit. Adapun  Dewan Juri adalah Dr. Junanah dan Dr. Dasalirawati".

Septian berharap kedepannya Para Alumni UM Pontianak khususnya guru-guru bidang studi pendidikan kimia dapat bersaing dengan Instansi /Sekolah lain yang sudah ternama baik tingkat Nasional maupun Internasional, karena kamampuan Alumni UM Pontianak tidak kalah dengan kemapuan Alumni dan guru yang ada di luar sana,” pungkasnya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran