Bawang Dayak Fokus Penelitian Mahasiswa UM Pontinak

  25-Jul-2018 11:07:03     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Mahasiswa Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan UM Pontianak melakukan penelitian. Kegiatan penelitian yang dibiayai lewat Program  Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P). Adapun fokus tema penelitiannya adalah “Formulasi dan Uji Gel Masker Antioksidan Ekstrak Etanol Bawang Dayak”.  Bawang dayak adalah tanaman lokal yang ada di Kalimantan Barat. Bawang dayak adalah salah satu tanaman yang dapat menangkal radikal bebas atau sebagai antioksidan adalah tanaman bawang dayak (Eleutherine palmifolia.

Bawang dayak merupakan tanaman yang umumnya dipergunakan oleh masyarakat pedalaman sebagai obat atau ramuan tradisional. Tanaman ini mempunyai cirri spesifik yaitu umbi tanama berwarna merah menyala dan berbentuk kerucut dengan permukaan yang sangat licin. Bawang dayak sudah secara turun temurun (secara empiris) dipergunakan masyarakat Kalimantan Barat sebagai tanaman obat untuk berbagai jenis penyakit seperti kanker payudara, obat penurun darah tinggi (hipertensi), penyakit kencing manis (diabetes militus), menurunkan kolesterol, obat bisul, kanker usu dan mencegah stroke. Kandungan yang terdapat pada bawang dayak terdiri dari senyawa alkaloid, glikosidam flavoinoid, fenolik, saponin titerpenoid, tannin steroid dan kuinon.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan formula dalam bentuk gel masker sebagai penghantaran yang efektif untuk mempertahankan aktivitas antioksidan ekstrak bawang dayak.Tanaman Bawang Dayak memiliki aktivitas antioksidan karena mengandung senyawa flavonoid, dan tanin. Senyawa tersebut mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Budi Firmansyah mengatakan “bawang dayak mengandung senyawa metabolit sekunder golongan naftokuinon (elecanacin, eleutherin, elutherol, eleutherinon) yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan. Beberapa penelitian telah melaporkan tentang aktivitas antioksidan ekstrak yang diformulasi dalam bentuk sediaan gel masker. Pada penelitian ini dilakukan ekstrak etanol Bawang Dayak diformulasi menjadi sediaan gel masker antioksidan. Dari penelitian ini membuktikan bahwa formulasi gel masker ekstrak etanol bawang dayak dapat dipergunakan oleh masyarakat dan aman” terangnya

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar