Kreativitas Mahasiswa Membuat Film Web Series

  08-Jul-2018 15:07:38     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Setelah sukses membuat film dengan teman-teman Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Prodi Kesehatan Masyarakat-Fakultas Ilmu Kesehatan, tim mahasiswa KKN/PPM, Pusat Informasi dan Komunikasi atau yang lebih dikenal Infokom UM Pontianak mulai melebarkan sayapnya untuk bekerja sama dengan kepala urusan kehamasiswaan dan beberapa program studi yang ada di lingkungan UM Pontianak. Mengingat banyak hasil dari kreativitas mahasiswa UM Pontianak terbilang sangat bagus. Melihat potensi tersebut Infokom UM Pontianak mencoba diskusi dengan beberapa mahasiwa dan unit terkait guna mewadahi mereka dalam berekspresi. Salah satunya, di depan layar dalam pembuatan Film Web Series. Belajar dari teman-teman PKIP, mereka mampu memainkan peran dengan natural, bahkan mereka bisa mengembangkan skenario yang ada. Sebelum proses pengambilan gambar Infokom mengadakan worskhop berupa bagaimana membuat skrip, fotografi, videografi dan editing. Hal ini, kami lakukan sebagai bekal teman-teman mahasiwa.      

Afdal selaku kepala urusan kemahasiswa menyambut dengan baik. Bahkan beliau berencana akan berkoordinasi dengan para mahasiswa untuk mengadakan workshop. Beliau berencana juga akan mengundang perwakilan prodi untuk mengirimkan mahasiswanya guna kegiatan tersebut. Sementara Wahyu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak menyambut baik kegiatan tersebut. Dia berujar mahasiwa zaman sekarang perlu mempunyai ketrampilan yang dimiliki selain keilmuannya.

Hal yang sama diutarakan Wakil Rektor I Bapak Heriansyah saat kami konsultasi hasil Film yang berencana akan diputar di balai kajian sejarah Provinsi Kalimantan Barat berpesan agar mulai mengembangkan dan perbanyak kreatifitas mahasiwa yang mempunyai potensi dan kreatifitas terkait film pendek tersebut.        

Saat ini Infokom dan beberapa teman mahasiwa dari prodi yang ada di lingkungan UM Pontianak lagi proses pembuatan film. Tema Film yang di buat beragam, namun seputar anak remaja yang masih kuliah, baik itu kegiatan sehari-hari di luar maupun di dalam kampus bahkan kisah cintanya. Pemilihan pemeran disesuaikan dengan cerita sehingga, pemerannya melibatkan banyak mahasiswa pilihan.

Dalam projek ini kami melibatkan Pemain Titi Tarisa Sinarpi (Fikes), Siti Andriani dan Aura Riskya (FEB), Wulan Ida Safitri, Triliana Dewi (PAUD). Adapun tujuan pembuatan film ini agar mahasiswa mempunyai rasa percaya diri di depan layar. Selain itu, dengan pengalaman yang ada mereka bisa mengembangkannya di dunia luar.

Dalam proses syuting mereka sangat senang memerankan karakter cerita, bahkan mereka bertanya-tanya kapan Filmnya di masukkan ke youtube? Mereka tidak mengeluh dengan peran yang diperankan, terbukti dari awal proses kegiatan syuting tidak ada yang tidak tertawa karena bahagia bisa berperan dengan baik. Sebelum proses syuting kami melakukan rapat untuk membahas pemeran, alur cerita dan pengembangan cerita. Tentunya cerita yang dibuat memiliki pesan singkat yang diselipkan di akhir cerita. Adapun versi cerita yang kami angkat yaitu ada 3, ngebanyol, sendu, dan horor.

Versi cerita yang di angkat berdasarkan kesepakatan bersama dengan melihat minat penonton youtube saat ini. Namun, cerita yang dibuat lebih berbeda dan kisahnya pun ringan dan renyah, sehingga kesan anak remaja yang masih kuliah tergambarkan di Web Series ini. Hal ini juga memicu semangat kuliah bagi remaja yang awalnya tidak berniat untuk kuliah.

Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar