Ujian WPPE Pemasaran di FEB UM Pontianak

  08-Jul-2018 13:07:55     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Setiap hari tertentu laboratorium komputer UM Pontianak selalu ramai dikunjungi, tidak hanya mahasiwa yang kuliah praktek komputer. Namun ada pemandangan lain. Ternyata yang dilakukan di lab tersebut adalah sebuah ujian profesi tertentu. Profesi tersebut adalah Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE). WPPE, atau seringkali disebut juga Pialang Saham atau ada yang menamakan Broker Dealer, adalah Pihak yang melakukan kegiatan usaha jual beli Efek untuk kepentingan sendiri atau pihak lain. Efek yang di maksud disini adalah usaha jual beli saham, obligasi, reksadana atau produk derivatif lainnya.

Kegiatan yang dilakukan di UM Pontianak ini ternyata hasil kerja sama dengan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI). TICMI adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan profesi pasar modal yang didirikan oleh Perhimpunan Pendidikan Pasar Modal Indonesia (P3MI). Jika melihat dan informasi dari pengampu mata  kuliah ini Dedi Hariyanto, SE.,MM yang sekaligus Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak menginformasikan bahwa TICMI didirikan untuk mendorong dan membantu menciptakan serta mengembangkan Pasar Modal Indonesia yang dinamis. Adapun  TICMI melakukan kegiatan berupa pendidikan dan pelatihan profesi pasar modal yang memenuhi kebutuhan regulator, perusahaan efek, investor institusi maupun ritel dalam menyiapkan SDM yang terampil, memiliki kecakapan profesi di bidang pasar modal. Tidak hanya sebatas itu saja SDM yang diharapkan paham dan mampu bekerja sesuai dengan hukum serta etika yang berlaku.

TICMI merancang kurikulum Pendidikan dan Pelatihan serta Ujian Profesi untuk memenuhi kompetensi dasar profesi Pasar Modal dan para pengajarnya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari regulator, Organisasi Regulator Mandiri atau Self Regulatory Organization (SRO), profesional Pasar Modal, praktisi serta akademisi.

Dedi hariyanto selaku dosen pengampu kuliah saham mengatakan “adanya ujian ujian yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak ini sangat membantu khususnya mahasiswa yang ingin belajar dan mendalami dunia pasar modal. Tidak hanya itu saja ini juga bagian dari promosi UM Pontianak ke masyarakat.

Sementara salah satu peserta ujian WPPE Pemasaran yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan “dengan adanya ujian WPPE ini mahasiwa sangat terbantukan siapa tahu akan menjadi profesi kelak setelah lulus dan menjadi ladang menjemput rizki untuk keluarganya, walaupun saat di kampus mungkin hanya nilai yang dikejar. Selain itu, sertifikat profesi ini sangat berguna bagi mahasiswa yang ingin berkarir dalam dunia pasar modal”. Ujarnya

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar