Self Assesment Keterbukaan Informasi Publik

  08-Jun-2018 23:06:34     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Untuk mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik selaku perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan Barat UM Pontianak selalu berusaha menuju Universitas yang berkemajuan. Ini sesuai dengan visi dan Misi UM Pontianak dan arahan KIP Provinsi Kalbar. Karenanya lewat Infokom UM Pontianak salah satu badan yang mengurusi arus informasi dan komunikasi turut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertemakan “Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pengisian Self Assesment Kuisioner terkait Keterbukaan Informasi Publik” Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengenalan dan informasi tentang penilaian keterbukaan informasi kepada setiap badan public yang ada di lingkungan Kalimantan Barat.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan kuisioner keterbukaan informasi, penjelasan setiap indikator yang ada, cara penilaian dan cara pengisian kuisioner. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan penilaian keterbukaan informasi publik, pada: pengisian kuisioner dari tanggal 1 juni- 31 juli 2018. Visitasi 10 badan publik terbaik dalam hal keterbukaan informasi, Agustus 2018 dan pengumuman pemeringkatan dan penghargaan 28 Septermber 2018.

Ketua Komisi Informasi Kalbar, Rospita Vici Paulyn menyatakan “hal yang paling dasar, setiap badan publik wajib tersedia meja layanan informasi, lengkap dengan formulir permohonan, form keberatan, serta buku layanan informasi. Dalam informasi tersebut juga harus ada data terkait profil badan, visi, misi, maklumat layanan, termasuk pengembangan sistem informasi melalui website yang sekarang wajib dilakukan oleh badan publik untuk memudahkan masyarakat dari seluruh indonesia khususnya Kalbar mendapatkan informasi tentang badan publik yang bersangkutan dengan mudah tanpa harus datang ke kantor badan publik. Jelasnya

Peserta yang hadir merupakan seluruh utusan dari setiap Universitas Negeri dan Swasta yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Undangan yang hadir berjumlah 20 orang. Pada era keterbukaan infromasi publik ini, sebagai warga negara dan bagian dari civitas akademika kampus, ini perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengakses informasi publik. Selain dalam rangka pemenuhan hak. Hal ini, dengan tujuan agar keterbukaan informasi dalam praktiknya dapat lebih transparan dan berjalan secara tepat sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar