Sosialisasi Science and technology index Abrori / 14-May-2018 21:05:29

Pusat penerbitan dan publikasi ilmiah (P3I) UM Pontianak baru-baru ini mengadakan sosialisasi pengenalan accountScience and Technology Index (SINTA). Portal Sinta telah diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi lebih tepatnya pada tanggal 30 Januari 2017. SINTA Kemenristek Dikti merupakan database bagi publikasi para dosen yang ada di Indonesia. Kegiatan ini mengangkat tema “Sosialisasi Science and technology index (SINTA) bagi dosen UM Pontianak”. Kegiatan ini mengundang seluruh dosen UM Pontianak dan dilaksanakan di Aula Lantai III UM Pontianak. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor 2, dan seluruh dosen UM Pontianak. Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai publikasi jurnal bagi para dosen di Google dan cara menggunakan account SINTA.

Rektor UM Pontianak berpesan bahwa “Bagi para dosen yang belum mendaftarkan artikel atau jurnalnya di account SINTA untuk segera mendaftar. Hal ini sangat penting bagi dosen yang belum mendaftar di account SINTA, tolong nama-namanya di catat untuk dibantu. Ini juga untuk membesarkan nama Lembaga UM Pontianak kita”. Ungkapnya

Ketua Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fenni Supriadi, S.E.,M.M mengatakan “Account yang harus dimiliki oleh dosen yaitu, Orcid.org, Researcherid, Publons, Google Scholar, dan SINTA. Selain itu, para dosen di haruskan mempunyai buku minimal satu, dengan ISBN resmi, dalam pengurusan ISBN hanya dibutuhkan waktu 3 hari tapi ada tahapan yang harus dilalui”. Jelasnya

Pada kegiatan ini juga dilakukan dialog dan konsultasi terkait indeksasi. Salah satunya Ketua Badan Penjaminan Mutu UM Pontiank Ir. Rachimi, M.Si menanyakan “Kenapa artikel saya tidak bisa masuk di account SINTA?”

Ketua Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fenni Supriadi, S.E.,M.M menjelaskan “Jika tidak bisa masuk, berarti kita mempunyai dua email di satu artikel yang sama. Hal itu artinya, harus menghapus salah satu email, kalau email UM Pontianak dan Pribadi, harus menghapus email pribadi. Atau kalau tidak mau hapus emai pribadi bisa konfirmasi sama kami bahwa bapak/ibu memakai email pribadi”.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran