Dosen UM Pontianak Konsolidasi KKN-PPM

  10-May-2018 15:05:49     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sebagai kegiatan kurikuler dapat diikuti oleh semua mahasiswa program strata satu (S1) yang ada di lingkungan UM Pontianak. KKN-PPM memiliki arti sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat yang menjadi wahana penerapan dan pengembangan ilmu di luar kampus dalam waktu, mekanisme dan persyaratan tertentu. KKN-PPM dilaksanakan untuk menerapkan relevansi Pendidikan Tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dalam pembangunan.

Marleniwati, S.Si.,MKM, selaku dosen yang akan melaksanakan KKN-PPM UM Pontianak mengatakan “kegiatan ini dilakukan di Sei Mawang dan Desa Mengkiang Kabupaten Sanggau yang melibatkan mahasiswa-mahasiswi dari beberapa program studi yang ada di lingkungan UM Pontianak.  Kegiatan ini sebelum mahasiswa-mahasiswinya diturunkan di lokasi tempat target sasaran perlu melakukan Konsolidasi. Konsolidasi sudah dilakukan pertama pada 19 April 2018 dan kedua konsolidasi dilakukan pada tanggal, 9 Mei 2018, Peserta konsolidasi ada 30 peserta dari dari beberapa program studi antara lain Prodi Kesmas, Manajemen, Paud dan Biologi.” Jelasnya

Lebih lanjut Marleni mengatakan bahwa konsolidasi dilakukan dengan tujuan pertama yang harus dilakukan mahasiswa KKN-PPM adalah memahami dulu keadaan di lokasi pengabdian dan sedikit gambaran informasi kegiatan KKNPPM. kedua mahasiswa dapat memetakan terlebih dahulu segala permasalahan yang ada di lokasi KKN-PPM. Selanjutnya mahasiswa berkomunikasi dan memberikan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi masyarakat.” Jelasnya.

Dalam kegiatan konsolidasi tersebut para mahasiswa diberikan pemahaman bagaimana mekanismenya, koordinasi, kemudian mendiskusikan juga hasil survey pendahuluan kelompok di lokasi.  Ini dilakukan agar para mahasiswa ketika turun ke lapangan sudah siap dan tidak terkejut akan lokasi baru dan menjadi target lokasi KKN-PPM. Fokus pengabdian ini adalah peningkatan kesejahteraan.

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar