Pembentukan Karakter Remaja Mencegah Perilaku Seks Pra Nikah

  09-May-2018 12:05:31     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

UM Pontianak bekerjasama lagi dengan BKKBN dan Wardah, kali ini mengadakan kegiatan seminar sehari. Seminar tersebut mengupas terkait pergaulan bebas pada remaja. Remaja, adalah masa seorang anak yang sedang mencari jati dirinya dan mencoba–coba berbagai hal baru yang dianggap membuatnya menjadi lebih dewasa. Remaja adalah seorang anak memasuki fase yang paling labil dalam kehidupannya. Berbicara remaja tidak ada habisnya, karena remaja unik dan berkarakter. Seminar menghadirkan beberapa pembicara antara lain: M. Taufik, SKM.,MKM Dosen dari Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak, Hermanto, M.Pd.I Dosen Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan, Ir. Aulia A. Arief, M.Sidari BKKBN Provinsi Kalimantan Barat dan dr. Khairun Nisa, Sp.OG. kegiatan dilaksanakan di Aula Kampus UM Pontianak Jalan A Yani 111 Pontianak.

Kegiatan ini bertujuan pencegahan perilaku seks pra nikah pada remaja dengan pembentukan karakter remaja itu sendiri, sekalian sebagai ajang promosi program studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan. Acara dipandu oleh mahasiwa atas nama Syarif Rizki Alkadri Adapaun peserta seminar adalah siswa-siswi dari SMA se kota Pontianak dan beberapa Akademi Kesehatan yang merupakan sasaran dari prodi Kesmas Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak. Peserta yang hadir sekitar 350 orang dari yang ditargetkan panitia sejumlah 200 orang.

M Taufik mengatakan “Sebenarnya pergaulan bebas yang dilakoni para remaja ini merupakan sebuah persoalan yang kompleks dan tidak dapat dilihat secara sekilas saja. Beberapa penyebab yang menjadi latar belakang pergaulan bebas tersebut antara lain: Pertama lingkungan yang Kurang Baik –Apabila seseorang tidak mendapatkan contoh yang baik dalam kesehariannya atau tumbuh dalam lingkungan yang bebas, maka ia tidak akan tahu bagaimana caranya bergaul sesuai dengan norma yang telah ditetapkan dalam masyarakat. Kedua Akses Informasi –Kemudahan mendapatkan beragam informasi juga turut mendorong terjadinya pergaulan bebas. Anak kecil sekalipun dapat mengakses informasi yang tidak sesuai dengan norma dan adat ketimuran atau keagamaan, misalnya informasi yang memuat konten mengenai hal – hal berbau seksual yang mudah ditiru” jelasnya

Hermanto menegaskan Anak yang mempunyai dasar pendidikan agama serta moral yang kokoh tidak akan mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas, karena ia tahu dan bisa membedakan hal yang benar dan salah. Pendidikan agama dan moral dapat memperkuat iman seseorang sejak dini. Jika sejak kecil seseorang telah tertanam mengenai pengertian benar dan salah, biasanya ia akan dapat menghindari pergaulan bebas yang jelas – jelas merupakan hal yang tidak benar.

Ir. Aulia A. Arief, M.Si “Untuk menghindari pergaulan bebas memang tidak bisa dilakukan hanya dari satu sisi saja, atau dilakukan oleh anak tanpa dukungan orang tua dan lingkungannya. Melainkan diperlukan kepribadian yang kuat yang terbentuk sejak anak masih berusia dini agar ia dapat menentukan sendiri hal yang baik dan buruk. Dasar nilai moral dan agama yang diletakkan orang tua ketika mendidik anak sangatlah penting untuk menjauhkan anak dari berbagai cara hidup yang salah dan merusak diri sendiri” Tuturnya.

Nisa  Pengaruh seks bebas bagi kesehatan reproduksi remaja jangan disepelekan. Untuk itulah perlunya kita semuanya mengetahui akan berbagai macambahaya seks bebas dan akibatnya. Pertama Risiko untuk terkena dan tertularpenyakit akibat hubungan seksyang sangat berbahaya, misalnya Trichomoniasis, Kanker prostat, Hepatitis B, Jengger Ayam atau Kutil di kelamin, Klamidia, termasuk HIV dan AIDSbelum lagi jika pasangan mempunyai penyakit lain maka yang terjadi penyakit tersebut akan menular ke anda. Kedua Terjadi kehamilan diluar pernikahan. Seks yang benar dilakukan setelah menikah apa jadinya jika dilakukan sebelum menikah lalu hamil, yang pasti akan menanggung malu orang tuapun juga akan malu.Buat orang yang melakukan seks bebas maka akan terjadinya kanker serviks.

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar