Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan Kematian Ibu&Anak

  11-Apr-2018 11:04:03     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Salah satu tim Pengabdian Kepada Masyarakat UM Pontianak telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian ini difasilitasi dengan pendanaan melalui hibah pengabdian mandiri LPPM-UM Pontianak di Desa Teluk Pakedai Hulu, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 April 2018 yang diketuai oleh M.Taufik, SKM., M.K.M bersama anggota timnya. 

Kegiatan tersebut mengakat tema “Capacity Building Kader Menyapa di Desa Teluk Pakedai Hulu”, dengan melibatkan 20 Kader Posyandu yang berasal dari 4 desa tersebut. Pada kesempatan tersebut, tim pengabdi UM-Pontianak memberikan informasi dan motivasi kepada kader posyandu.  

M. Taufik mengatakan bahwa “menjadi kader Posyandu adalah kebanggan, karena menjadi kader Posyandu tidak hanya memiliki kemampuan dalam menyelenggarakan kegiatan Posyandu semata. Akan tetapi, juga memiliki kemampuan mendorong dan memotivasi ibu hamil, ibu bersalin dan ibu nifas untuk meningkatkan status kesehatan diri mereka serta janin yang masih berada dalam rahim ibu. Hal ini, agar lahir dengan kondisi yang normal dan sehat”. Terangnya

Sementara Purwa sebagai anggota tim mengatakan bahwa “Pengembangan kemampuan kader posyandu melalui capacity building kader menyapa di desa Teluk Pakedai Hulu. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membekali kader posyandu guna mengambil peranan sebagai motivator kesehatan, penyuluhan kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan. Pada kegiatan itu pula, selain memberikan pelatihan dan sharing informasi tentang kesehatan ibu dan anak. Kader posyandu juga dibekali kemampuan memetakan keberadaan ibu hamil yang berada di wilayah binaan masing-masing, sehingga keberadaan ibu hamil dapat terus dipantau dengan memberikan pendampingan mulai dari masa kehamilan hingga persalinan menuju kefasilitas pelayanan kesehatan yang semestinya.” Tegasnya

Keikutsertaan masyarakat sebagai kader Posyandu di desa diharapkan dapat membuat anggota masyarakat merasa turut serta membentuk anak bangsa yang memiliki derajat kesehatan yang optimal, sehingga risiko-risiko yang terkait dengan masa kehamilan dan persalinan pada ibu yang mengakibatkan terjadinya kematian pada ibu dan anak dapat dicegah sedini mungkin.

Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar