Sinergi UM Pontianak dan BKKBN dalam Penanganan Stunting

  27-Feb-2018 20:02:58     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Pelapasan mahasiswa Praktikum Kesehatan Masyarakat (PKM) program studi kesehatan masyarakat tahun ajaran 2017/2018 di Aula  UM Pontianak. Acara dihadiri 127 mahasiswa peserta PKM, dosen di lingkungan prodi kesehatan masyarakat, staf dan jajaran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prowinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini mengangkat tema “upaya penangan stunting bersama BKKBN”

Dalam sambutannya Kepala PerwakilanBKKBNProvinsiKalimantan Barat, Drs Kusmana mengatakan tentang pentingnya peran keluarga untuk mencegah stunting. BKKBN dilibatkan dalam penanganan stunting atau permasalahan gizi buruk kronis mulai dalam merancang hingga mengimplementasikan program dengan melibatkan kader di tingkat bawah terutama untuk daerah yang terindikasi stunting atau angka prevalensinya di atas rata-rata nasional.

Sementara itu, dalam sambutannya rektor UM Pontianak Bapak Helman Fachri mengatakan bahwa “persoalan stunting merupakan masalah gizi buruk yang merupakan masalah yang sering dibicarakan pada level nasional. Pasalnya jika menurut data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 bahwa jumlah anak balita yang mengalami kekurangan gizi kembali mengalami peningkatan dari data sebelumnya di tahun 2010 yaitu dari 17,9 persen menjadi 19,6 persen. Sinergi BKKBN dan UM Pontianak merupakan model yang perlu dikembangkan guna mensinkronkan tujuan keluarga sejahtera dari generasi muda seperti mahasiswa ini”. Jelaasnya   

Tidak hanya itu saja kesamaan visi dan misi yang membuat sinergi kedua lembaga pada isu-isu yang berskala nasional khususnya penanganan kasus tertentu seperti stunting ini. Proses scientis dalam penangan masyarakat diharapkan mampu memberikan solusi yang tepat.    

Kegiatan yang terprogram ini rencana akan dilakukan selama dua bulan dengan melibatkan mahasiswa kesehatan masyarakat dari berbagai peminatan. Kegiatan dilakukan pertama dengan pendataan keluarga, pendataan keluarga yang mempunyai balita dan gerakan ketuk pintu untuk gerakan 1000 hari pertama kehidupan.

  


Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar