Interprofessional Mempersiapkan Petugas dan Kualitas Kesehatan

  30-Jan-2018 20:01:15     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM telah menyelenggarakan Seminar Profesi Kesehatan Masyarakat pada tanggal 29/1/2018 bertempat di aula UM Pontianak. Adapun tujuan kegiatan ini adalah pertama untuk  mempersiapkan  mahasiswa  profesi  dengan ilmu, keterampilan, sikap dan perilaku profesional yang penting untuk praktik kaloborasi interprofesional. kedua mahasiswa  paham  prinsip  dasar,  konsep  dan kontribusi   setiap  bidang  profesi kesehatan masyarakat, ketiga mahasiswa  menguasai  dasar keilmuan dan kertampilan  spesifik masing-masing dalam bidang profesi kesehata masyarakat. Bentuk kegiatan ini adalah Kuliah umum yang disampaikan oleh satu narasumber.    

Seminar yang mengambil tema “peran tenaga kesehatan masyarakat dalam interprofesionalisme kesehatan untuk mensukseskan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluraga” tersebut dihadiri dan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Linda Suwarni, SKM.,M.Kes.

Sementara narasumber adalah Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat  (FKM) Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc.,PhD. Seminar yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester VII, semua peminatan yang ada di lingkungan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak. Dalam ceramahnya bu Agustin mengatakan bahwa “Sarjana Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu unsur utama dalam suatu negara. Tenaga kesehatan masyarakat harus mampu menjadi motor penggerak pembangunan kesehatan di masyarakat saat ini. Namun meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tidak cukup menjadi tanggung jawab satu profesi saja. Kolaborasi para profesi kesehatan dari berbagai disiplin ilmu menjadi kunci peningkatan kualitas kesehatan di Indonesia. Interprofessional dibutuhkan untuk mempersiapkan para petugas kesehatan menjadi bagian dari peningkatan kualitas kesehatan”.

Ilmu kesehatan masyarakat memiliki artian, sebagai ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya. Kesehatan masyarakat adalah ilmu yang bertujuan untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar