UM Pontianak Jalin Kerjasama dengan Universiti Putra Malaysia

  02-Jan-2018 00:01:18     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Kerjasama internasional merupakan salah satu poin penting dalam upaya memajukan sebuah institusi Pendidikan. UM Pontianak ini sedang memperbanyak kerjasama dengan perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Hal ini, dilakukan guna meningkatkan kualitas akademiknya. Kerjasama di dalam negeri pada umumnya berkaitan dengan Tri Dhama Perguruan Tinggi, sedangkan kerjasama dengan luar negeri berkaitan dengan kegiatan penelitian, jurnal internasional dan peningkatan pengajaran. Setelah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Eropa dan Taiwan beberapa saat yang lalu. UM Pontianak saat ini juga menjalin kerjasama dengan Universitas Putra Malaysia (UPM).  

UPM menurut Quacquarelli Symonds (QS), lembaga yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang berbasis di London merupakan perguruan tinggi top di Malaysia. UPM mempunyai banyak Program Study mulai S1 hingga program P.hD. UPM menerima mahasiswa dari berbagai negara. Kampus tersebut telah menjalin Kerjasama dengan perguruan tinggi Top di United Kingdom, Australia dan lain-lain. Karenya UM Pontianak melakukan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan UPM. Adapun MoU yang disepakati meliputi: pelatihan, joint research, sit in program, Student exchange, pusat pelatihan bahasa Inggris, studi lanjut PhD untuk dosen, dan berbagai bentuk kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Pelaksanaan MoU dilaksanakan di ruang serbaguna UPM. MoU dilakukan oleh Rektor UPM, Prof. Datin Paduka dan Rektor UM Pontianak Helman Fachri SE.,MM., yang disaksikan oleh civitas akademika UPM dan perwakilan dari UM Pontianak. Hadir sebagai saksi dari UM Pontianak Dr. Ikhsanuddin dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat, wakil rektor II Eko Sarwono, ST.,MT, Kepala Kantor Urusan Internasional, Ufi Ruhama’, M.Pd.B.I, serta Muhammad Sani, SH, Bagian Administrasi Umum.

Ufi Ruhama’ mengatakan, “dengan telah ditandatangani MoU tersebut UM Pontianak akan segera menindaklanjuti, terutama dalam bidang pertukaran dosen dan mahasiswa. hal yang akan dipersiapkan adalah UM Pontianak sebagai pusat pembelajaran Bahasa Inggris untuk studi lanjut. Selama ini, jika calon mahasiswa akan melanjutkan studi keluar negeri, mereka akan mengikuti kursus percepatan bahasa asing di Jakarta. Kedepan kami akan mendesign UM Pontianak menjadi salah satu tempat yang akan menjadi pusat kursus percepatan Bahasa Inggris. Hal ini, tentu akan memudahkan bagi calon mahasiswa yang akan studi lanjut S2/S3 di luar negeri khususnya bagi masyarakat Kalimantan Barat” jelasnya.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam ini dilanjutkan dengan jamuan makanan khas Johor Baru. Serah terima cenderamata antara Rektor Prof Datin dari UPM dan Rektor UM Pontianak Helman Fahri, SE.,MM. Acara diakhiri dengan foto bersama, kunjungan ke beberapa unit dan lembaga.


Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar