Penseda: Kreativitas Anak Muda Melalui Seni dan Budaya

  26-Dec-2017 18:12:03     abrori
Click pada image untuk tampilan penuh

Kesenian di Indonesia sangat beraneka ragam dan kaya akan adat dan budayanya. Pada era yang serba digital sekarang ini bisa jadi mudah mengembangkan dan memperlihatkan karya dan bakat yang dimiliki seorang individu kepada publik.

Seni adalah salah satu kreatifitas yang patutnya kita kembangkan semakin besar. Namun, Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi serta kurangnya minat dan perhatian dari para pemuda terhadap seni dan budaya asli milik Indonesia yang semestinya kita lestarikan kini tenggelam di tengah-tengah kuatnya arus budaya asing.

Tidak beda dengan Indonesia pada umumnya Kalimantan Barat diketahui memiliki kebudayaan dan adat yang banyak pula. Dari seni musik, tarian dan lain-lain. Namun hanya sedikit saja dikalangan remaja atau pemuda kita yang bisa membawakan tarian tradisional, atau bahkan dapat dianggap sesuatu hal yang aneh jika kita menemukan seseorang yang menggunakan batik dalam kesehariannya.

Hingga saat ini, kalangan remaja lebih memilih budaya asing untuk mereka banggakan. Masuknya budaya asing yang mendapat respon positif dari kalangan remaja dan pemuda tanpa adanya filter dan penyeimbang dari budaya lokal mengakibatkan kerancuan diberbagai kalangan dalam memahami dan membedakan antara budaya asli milik Indonesia dengan budaya asing.

Berangkat dari keinginan untuk mengembangkan seni dan budaya sebagai ajang pengaktualisasian diri, beberapa dari Mahasiswa, mengadakan sebuah pertunjukan yang berkonsep pentas seni dan budaya, yang pada akhirnya menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahassiswa seperti saat ini (UKM Seni UM Pontianak). Acara Pentas Seni dan Budaya (Penseda) yang dihelat pada (20-22/12/17) dengan mengangkat tema “Kreativitas Pemuda untuk Bangsa Melalui Seni dan Budaya”

Tujuan kegiatan pertama sebagai wadah bagi para anak-anak muda untuk berkreasi dan saling berkompetsi dengan yang lainnya. Kedua lebih mendakatkan karya seni anak muda pada masayarakat. Ketiga mempromosikan UM Pontianak ke masyarakat.  Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sejumlah 71 orang yang akan mengikuti lomba.  Lomba yang diadakan pertama lomba baca puisi yang diikuti 29 orang. Kedua lomba beatbox yang mengikuti 20 orang. Ketiga  lomba tari tradisional yang mengikuti 12 grup dan keempat lomba peragaan busana adat (Mulim) yang mengikuti sejumlah 10 orang. Panitia berharap kegiatan ini mampu memberikan semangat cinta akan budaya tradisonal. Kalau bukan generasi muda terus siapa lagi?

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected] Custom Site/App Builder. Achmad Albaar