UM Pontianak Menjajaki Kerjasama dengan Thailand

  28-Nov-2017 18:11:52     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Setelah menjajaki kerjasama dengan Eropa, UM Pontianak bergerak cepat dengan mengandeng beberapa perguruan tinggi di Asia, pertama  dengan perguruan tinggi China tinggal menindaklanjuti dengan MoU di bidang akademik, penelitian dan peningkatan SDM khususnya studi lanjut S3. Kedua saat ini UM Pontianak menjajaki dengan pemerintah Thailand khususnya urusan pendidikan tinggi. Saat ini UM Pontianak menjajaki kerja sama dengan Fathoni University (FTU) Thailand. Universitas ini berada di daerah Patani. Patani identik dengan Melayu dan Melayu diidentikkan dengan Islam. Patani adalah sebuah wilayah yang melingkupi Provinsi Pattani, Provinisi Yala, dan Provinsi Narathiwat.

Dr. Kriya Langputeh dari FTU mengatakan “Islam di Thailand mengalami perkembangan pesat. FTU ini berada di daerah Selatan Thailand yang ibu kotan­ya Pattani dihuni oleh etnik melayu-muslim. FTU menawarkan kerjasama pada pengembangan penelitian perbandingan agama. Mengingat Selatan Thailand dan Indonesia memiliki banyak per­samaan, di antaranya sama-sama diapit benua Australia, China, dan India. Sejarah panjang masuknya Islam di Asia Tenggara, Thailand merupakan tempat persinggahan para penye­bar Islam ke Nusantara, baik yang datang dari Timur Tengah maupun melalui India. Tanggung jawab urusan agama Islam di Thailand dipegang oleh se­orang mufti yang memperoleh gelar Syaikhul Islam (Chularajmontree). Mufti ini ada di bawah Kementerian Dalam Negeri, Kemen­terian Pendidikan serta bertanggungjawab terhadap raja. Mufti bertugas untuk mengatur kebijakan yang bersangkutan dengan kehidupan muslim, sep­erti penentuan awal serta akhir bulan Hijriyah. Jumlah kaum muslimin di Thailand mencapai 4.6% dengan statistik terbaru sekitar 4 juta dari total 65 juta jiwa. Kini Islam di Thailand menjadi agama mayoritas kedua setelah Buddha.

Rombongan datang ke UM Pontianak disambut oleh jajaran Rektor dan Ketua Kantor Urusan Internasional.  Ibu Urfi Ruhama’S.Pd.,M.Pd. selakau ketua KUI mengatakan “Kesamaan rumpun dengan Thailand diharapkan menjadi sebuah ikatan emosional yang baik. Apalagi jika dilihat dari sejarah perkembangan Islam yang masuk ke Indonesia, salah satunya ada peran Fathoni dan kerajaan Sambas yang memiliki peran yang strategis. Dengan latar belakang sejarah yang cukup kental ini perlu ada kajian yang lebih  mendalam tentang apa dan bagaimana proses persebaran Islam hingga bisa masif sampai sekarang ini. Lebih lanjut beliau berharap, kerjasama dalam berbagai bidang antara UM Pontianak dengan Universitas di Patani-Thailand akan segera ditindak lanjuti.

Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]