Pemuda Pilar Penting Bangsa

  28-Nov-2017 13:11:50     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Kepemimpinan pada dasarnya dimiliki oleh setiap diri manusia, setidaknya dirasakan manakala Seseorang menjadi pemimpin suatu organisasi. Seseorang akan melewati suatu proses merencanakan dan menetapkan suatu keputusan guna merealisasikan tujuan hidupnya. Saat mengaktualisasikan kepemimpinan, sering sekali manusia dihadapkan pada berbagai problematika hidup yang silih berganti. Tidak sedikit persoalan muncul disebabkan kesalahan dalam bertindak mempersepsikan sesuatu. Untuk menghindarinya menjadi penting adalah faktor pengendali diri dengan berpedoman pada nilai-nilai etika dan moralitas dalam kehidupan. Kepemimpinan dengan etika dan moralitas merupakan satu kesatuan yang sangat erat

Pelatihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa Tingkat Menengah (PKMM-TM) adalah salah satu untuk memupuk jiwa-jiwa kepemimpinan pada generasi yang akan datang. PKMM-TM kali ini mengakat tema "Pemuda Nafas Kejayaan Indonesia". Kegiatan diselenggarakan oleh BEM KM Universitas Negri Semarang pada tanggal 17-19 November 2017. Kegiatan ini merupakan suatu ajang pengokohan bagi para mahasiswa mengenai kepemimpinan. Mengapa ajang pelatihan ini untuk mahasiswa?

Mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pemuda. Pemuda merupakan salah satu pilar penting dalam membangun sebuah bangsa, sehingga kondisi perkembangan pemuda saat ini dapat merepresentasikan gambaran masa depan suatu bangsa. Kegiatan PKMM-TM dibuka oleh Wakil Rektor Universitas Negri Semarang, Bapak Dr. Bambang Budi Raharjo, M.Si

Kegiatan PKMM-TM adalah kegiatan integrasi program dari Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMENRISETDIKTI dengan Unnes. Tujuannya yaitu mengenai keterampilan dalam berorganisasi jenjang kepemimpinan. Kegiatan ini diisi dengan beberapa materi terkait wacana kepemudaan dan kepemimpinan.

Adapun materi dalam kegiatan ini yaitu yang pertama mengenai Percaturan Global oleh Bapak Haryo Setyoko. Materi kedua mengenai Jurnalistik oleh Bapak Dr. Agus Fathuddin Yusuf. MA dengan tema "Kita Sebagai Pemuda Indonesia harus Bijak dalam menghadapi informasi, jangan menyebar informasi sebelum mengkonfirmasi informasi itu sendiri agar tidak menjadi berita yang HOAX"

Pemantik ketiga mengenai Kebangsaan oleh Bapak Dr. Nugroho Sulistiobudi yang mengangkat tema "Kebangsaan itu adalah rasa sebagian dari bangsa itu sendiri". Pemantik keempat mengenai Ideologi oleh Bapak Ridwansyah Yusuf Achmad dengan tema "Kalau setiap anak muda memiliki ideologis maka bangsa akan aman. Ideologis tanpa teknologi dan ekonomi itu omong kosong". Dan pemantik kelima yaitu mengenai Kepemudaan oleh Bapak Dr. H. Ferry Juliantono.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 120 peserta dengan 15 Universitas se-Indonesia salah satunya dari UM Pontianak yang diwakili oleh Sekretaris Mentri Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa.

Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]