Bimtek Aplikasi Persuratan Berbasis Online

  26-Nov-2017 14:11:10     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

UM Pontianak, Perkembangan teknologi yang cukup pesat dewasa ini membuat manusia mencari inovasi-inovasi baru terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Hal ini, memberikan dapak positif bagi semua kalangan dalam menerima dan menyampaikan informasi serta berkomunikasi secara efektif dan efisien.

Teknologi informasi juga telah membawa kemajuan dalam pengolahan data dan informasi. Sistem informasi merupakan salah satu media yang menghubungkan segala komponen dalam sebuah organisasi sehingga mempermudah dalam mengelola semua transaksi yang ada dalam organisasi tersebut. Hal ini, khususnya transaksi surat menyurat antarlembaga dalam lingkungan kampus. Mengingat kegiatan surat menyurat antarlembaga masih dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu beberapa jam agar surat tersebut sampai  ke tujuan.

Menginmgat waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga. Untuk itu hadirnya sistem informasi terkait aplikasi persuratan berbasis online merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang mampu melakukan kegiatan surat-menyurat antar lembaga secara realtime, sehingga dapat menghemat penggunaan kertas dan waktu. Pengguna Sistem Informasi aplikasi persuratan berbasis online ini terdiri dari 4 jenis pengguna, di antaranya pertama  administrator, yaitu pengguna yang memiliki akses untuk mengelola data member atau pengguna yang lainya. Kedua. operator, yaitu pengguna yang memiliki akses untuk melakukan entri naskah surat, menyampaikan surat dan menerima disposisi. Ketiga pejabat Pimpinan/Atasan, yaitu pengguna yang memiliki akses sebagai penerima surat maupun disposisi dari pimpinan di atasnya. Keempat staff, yaitu pengguna yang diberikan wewenang untuk menerima disposisi surat dari pimpinan.

Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman persuratan elektronik tersebut, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI telah melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek).  Aplikasi persuratan berbasis online bagi Perguruan Tinggi Swasta PTS Kalimantan Barat. Oleh karena itu, setiap perguruan tinggi diminta untuk menugaskan 2 (dua) orang staf yang menangani persuratan untuk berhadir pada: 23/11/17 di aula lantai 3 UM Pontianak. Adapun persyaratan Peserta diwajibkan membawa Laptop, Modem, 2 File Surat dalm bentuk pdf, dan surat tugas.  Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sejumlah 44 perguruan tinggi se Kalimantan Barat. Abrori

Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]