Tradisi Intelektual: Membaca, Menulis dan Riset

  26-Nov-2017 13:11:56     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Menghidupkan tradisi-tradisi intelektual di kalangan generasi muda menjadi sebuah keharusan ketika cita-cita lahirnya manusia sebagai pemimpin generasi yang akan datang dengan kapasitas kepribadian dan kematangan intelektual generasi muda berimplikasi positif terutama pada proses menjadikan para remaja kreatif, inovatif dan mampu bermain di pentas sejarah. Tentu hal ini, bukanlah satu pekerjaan yang mudah, melainkan membutuhkan sikap, tekad dan usaha yang maksimal terutama dari para remaja penerus bangsa sebagai subyek utamanya.    

Berangkat dari keprihatinan terhadap kenyataan-kenyataan tersebut, dan dengan harapan agar bisa memberikan sumbangsih bagi upaya peningkatan kualitas pendidikan, terutama yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan membaca, menulis, berdiskusi,meneliti, dan sebagainya. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa perguruan tinggi se Kalimantan Barat termasuk UM Pontianak. Afdal, SE sebagai Kaur Kemahasiswaan mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut UM Pontianak mengirimkan sejumlah 6 orang mahasiswa angkatan 2017. Beliau berargumentasi  mengirimkan angkatan 2017 sebagai ajang pelatihan dan melanjutkan tongkat estafet gerakan ilmiah di Kampus ini.  

Adapun tujuan kegiatan tersebut antara lain: pertama, untuk memotivasi anak bangsa dalammencintai ilmu pendidikan, khususnya dalam bidang ilmiah dan riset. Kedua untuk mengembangkan bakat-bakat anak bangsa yang terpendam dalam bidang ilmiah dan riset. Ketiga terciptanya publik masyarakat cinta ilmu dari segala aspek terutama dalam budaya membaca, menulis dan meneliti dan keempat membumikan tradisi ilmiah dan riset dengan mengintegrasikan cinta baca-tulis dan meneliti di lingkungan Perguruan Tinggi.

Kemampuan menulis, berdiskusi, meneliti, dan sebagainya adalah tradisi-tradisi positif konstruktif yang harus ditanamkan dan dikembangkan sejak dini dalam setiap diri remaja (siswa, mahasiswa, dan umum) kalau cita-cita di atas ingin menjadi sebuah kenyataan. Abrori 

Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]