266 Mahasiswa Prodi Kesmas Fikes UM Pontianak Mengikuti Yudisium

  13-Nov-2017 20:11:51     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Kegiatan Yudisium merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai bentuk pengesahan terhadap mahasiswa yang telah mengikuti proses ujian Skripsi dan dinyatakan telah lulus menempuh ujian tersebut," kata Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak Dr. Linda Suwarni, SKM.,M.Kes di Pontianak.

Dia menjelaskan, dalam Yudisium kali ini  akan diikuti sejumlah 266 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa S1 dari jurusan/peminatan Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku (PKIP) 48 orang, Kesehatan Lingkungan 45 Orang,  Kesehatan Reproduksi 49 Orang, Gizi Kesehatan Masyarakat 61 Orang dan Epidemiologi Kesehatan 49 orang, dan prodi kelas Sintang pemintan Kespro sejumlah 4 orang dan pemintan PKIP sejumlah 10 Orang. Semua berhasil lulus dengan membanggakan.

"Selain itu dalam menghadapi persaingan yang ketat dunia kerja, lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat untuk segera mengikuti uji kompetensi dan mengurus Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai wujud pengakuan SKM sebagai tenaga Kesehatan Masyarakat yang profesional," katanya.

Sementara ketua Panitia Yudisium M.Taufik,SKM.,MKM mengatakan bahwa Kegiatan yudisium ini diselenggarakan di Hotel Gardenia, Kabupaten Kubu Raya itu secara otomatis menambah lulusan kesehatan masyarakat di Kalimantan Barat yang dipersembahkan kepada bangsa, negara dan dunia. Pada yudisium ini, lanjutnya, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan mengalami Dinamika dari 3,77 pada tahun 2014 menjadi 3,84 pada tahun ini (2015),  3,72 pada tahun (2016).Namun pada tahun 2017 ini tercatat tiga orang lulusan terbaik dalam yudisium pada tahun ini yaitu Sulyan Rizky dengan IPK 3,81 dan dinyatakan sebagai peserta dengan pujian, Lady Chandra Kasih dengan IPK 3,73 dan Dira Dwidayanti dengan IPK 3,69 mereka merupakan lulusan Dengan Pujian. Kita tentu berharap, agar para lulusan terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan ilmu di bidang kesehatan masyarakat agar cita-cita untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat diwujudkan," katanya.

Pada kesempatan yang sama Rektor bapak Helman Fachri, SE.,MM berpesan agar semua lulusan mampu menjaga nama baik almamater dan menjalin komunikasi serta silaturahim dan saling bertukar informasi dengan kampus maupun alumni.

Pada acara wisuda diberikan penghargaan kepada Pendiri Fikes UM Pontianak atas nama: dr.H Abdul Rahman Hakim, dr. R Soewarno dan Drs. H. Mardjan, M.Kes. juga penghargaan kepada beberapa dosen pelopor pengajar antara lain Dr. H Chaerul Fuad, M.Kes, Dr. H Khayan, M.Kes, Malik Saepudin, SKM.,M.Kes, Drs. Suhali, M.Kes, Suharno, SKM.,M.Kes, dr.HM. Thoriz, MPH, dr. Atik Sumardiyanti, MPH, dr. Saptiko, M.MedPH., Idjeriah Rossa, SKM., M.Si dan Dr. Wida Kuswida Bhakti, S.Kep.,M.Kep.   

Selain itu pada kegiatan ini juga dilaksanakan oral presentation oleh Lady Chandra Kasih dengan judul “Faktor Yang Mempengaruhi Perkawinan Usia Muda Pada Remaja Di Perbatasan Indoensia Dan Malaysia, Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas” dan berikutnya Mikael Kurniawan dengan judul “Pengaruh Pendekatan Positive Devience Melalui PendampinganGizi pada Ibu dari Keluarga Miskin terhadap Status Gizi (Berat Badan Menurat Umur) Balita di Kecamatan Pontianak Selatan”

Selain acara yudisium Fikes UM Pontianak menginformasikan bahwa pada tahun ini akan membuka pendafataran mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018. Pendaftaran mulai tanggal 1 Februari 2018 sampai dengan 28 September 2018. Ada tiga program studi yang dibuka yaitu: prodi S1 kesehatan masyarakat (terakreditasi B, SK BAN PT No. 324/BAN-PT/Akred/S/V/2015), prodi S1 kesehatan masyarakat kelas sintang, dan prodi S1 Psikologi yang baru dibuka (SK Menristekdikti No. 540/KPT/I/2017).

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com