Job Fair UM Pontianak: Dating Pencari Kerja dengan Perusahaan

  29-Oct-2017 17:10:57     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Pada umumnya setiap individu mempunyai kebutuhan untuk mengaktualisasikan dirinya. Salah satunya adalah dengan bekerja. bekerja bagi seorang yang baru lulus dari perguruan tinggi adalah cita-cita yang diharapkan oleh semuanya termasuk perguruan tinggi. Menjadi kenyataan, salah satu motivasi mendasar untuk mengikuti proses pendidikan adalah bekerja dengan penghasilan yang layak dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Menjadi fakta bahwa parameter, mempertahankan pendidikan dan tantangan kedepan perguruan tinggi adalah menghasilkan anggota masyarakat yang berdaya saing unggul dan alumni terserap pada dunia kerja.

Melihat fakta tersebut UM Pontianak menjawabnya dengan dibentuk Pusat Pengembangan Karir dan Aulmni (PPKMA). Lembaga ini adalah fasilitator antara mahasiswa, dunia kerja, perusahaan, lembaga pendidikan bahkan konsultan. Sebagai lembaga pusat informasi karir setidaknya lembaga ini dibentuk dengan tujuan memperluas, memberikan informasi tentang kesempatan kerja diberbagai instansi baik pemerintah maupun swasta kepada mahasiswa dan lulusan.

Lembaga ini memberikan mempertemuakan mereka dengan dunia kerja, memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memilih pekerjaan, mendapatkan pekerjaan termasuk menjadi tenaga kerja yang tangguh dan berdaya saing. Salah satunya melalui kegiatan Job fair dan Seminar UM Pontianak 2017.

Adapun tujuan dari Job Fair Pertama mempertemukan mahasiswa, lulusan dan alumni perguruan tinggi sebagai pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan atau lembaga sosial dan pemerintah sebagai instansi yang mencari/membutuhkan tenaga kerja. Kedua menjadi sarana untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai macam perusahaan serta jenis pekerjaan yang ada. Ketiga membantu perusahaan/instansi untuk memperoleh tenaga kerja yang berkualitas dengan biaya dan waktu yang efektif dan efisien. Keempat memperluas pengetahuan dan wawasan para mahasiswa serta lulusan perguruan tinggi agar dapat memiliki daya saing yang lebih tinggi dan kelima membantu para mahasiswa serta lulusan perguruan tinggi untuk dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan karakter, minat, bakat, dan kemampuannya.

Sementara ketua pelaksana Ibu Selviana, SKM.,MPH mengatakan “Rangkaian Job Fair 2017 UM Pontianak yang telah dilakasnakan beberapa saat yang lalu diawali dengan kegiatan Pelatihan "Sukses Meniti Karir" yang kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya wawasan alumni dengan hal-hal yang berkaitan dengan dunia kerja, lalu diikuti oleh Job Fair dan dilanjutkan dengan rekrutmen karyawan. Dalam kegiatan ini, kami memberikan peluang kepada perusahaan/instansi untuk melakukan promosi dan mengadakan presentasi mengenai profil perusahaan/instansinya, kolekting data pelamar, sekaligus melaksanakan rekrutmen yang lebih efektif dan efisien agar mendapatkan tenaga kerja sesuai kualifikasi yang diharapkan. Kami juga berharap, para mahasiswa atau lulusan UM Pontianak yang ingin bekerja/magang” terangnya

Lebih lanjut dosen Kesehatan masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan Job Fair dan Seminar yang telah ditutup ini rencana tahun depan tidak hanya diperuntukkan untuk perusahaan/instansi pencari kerja, namun juga membuka peluang bagi sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan yang menawarkan kesempatan untuk studi lanjut S2/S3 maupun kursus-kursus peningkatan kemampuan diri yang lainnya. Abrori

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com