Pelatihan Penerapan Aplikasi Jurnal Elektronik di Pontianak

  04-Aug-2017 17:08:58     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mendongkrak hasil-hasil penelitian untuk dapat dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional. Hasil penelitian wajib luarannya adalah publikasi. Hasil penelitian yang dipublikasikan merupakan sebuah aset negara yang sangat penting, karena tingkat peradaban sebuah negara dapat dilihat dari jumlah publikasi yang dihasilkan.

Sehingga tidak dapat dipungkiri, kini setiap negara saling memperebutkan untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam publikasi internasional. Indonesia mempunyai potensi mengingat jumlah penduduk di negara kita relatif lebih banyak dari pada beberapa negara tetangga, namun kenyataannya, kini jumlah publikasi di negara kita masih kalah dengan jumlah publikasi di beberapa negara tetangga.

 Publikasi  Elektronik ini adalah sebagai sarana publikasi artikel ilmiah pada lingkungan Universitas sekarang ini. Artikel yang dapat dipublikasikan merupakan hasil dari peneltian, tinjauan konsep, survey atau usulan rencana penelitian. Kepada Civitas Akademika Universita manapun khususnya dan para akademisi lainnya sekarang dituntut untuk mempublikasikan artikelnya di Jurnal Elektronik.  

Untuk mewadahinya saat ini kemenristekdikti sedang mengembangkan dan telah dilaunchingScience and TechnologyIndexyang diberi nama SINTA. SINTA merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. Berbicara SINTA berbeda dengan alat pengindeksasi yang sudah ada, seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesia Science and Technology Index (InaSTI) dan Indonesian Publication Index (IPI). SINTA sudah mengarah ke portal pengindeks global (Internasional) semisal Scopus yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti: Citation, Networking, Research dan Score.

Karenanya untuk menunjang hal tersebut di atas Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, telah menyelenggarakan Pelatihan Penerapan Aplikasi Jurnal Elektronik. Pelatihan dikhususkan bagi pengelola jurnal (maksimal 2 orang, yang terdiri dari Jurnal Manager/Editor 1 orang dan Teknisi jurnal yang memahami instalasi Jurnal Elektronik 1 orang) untuk hadir pada acara yang telah diselenggarakan pada: Kamis,/3 Agustus 2017, Ruang Sidang Rektorat Lantai 3 Universitas Tanjungpura Jalan. Prof. Hadari Nawawi Pontianak, Kalimantan Barat. Tidak kalah dengan perguruan tinggi yang lainnya UM Pontianak mengirimkan para pengelola jurnal elektroniknya pada acara teresebut.

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor I Bapak Dr. Aswandi, selanjutnya pemaparan materi oleh Direktur Dit Pengelolaan Kekayaan Intelektual dengan mengangkat tema ”kebijakan dan program arjuna dan SINTA”.

Setelah acara selesai pemaparan tersebut acara selanjutnya caffe break, kemudian  disampaikan pemaparan tentang verifikasi evaluasi diri Arjuna dan kelengkapan; gaya selingkung portal E Journal sesuai instrument akreditasi Arjuna; set up website e journal dan kelengkapan sesuai  yang dibutuhkan akreditasi jurnal (profil sitasi google scholar, statistik pengunjung unik, tautan Curriculum Vitae dewan redaksi dan mitra bestari); upload dokumen revier per artikel per reviewer dan feedback. Acara diikuti 40 undangan dari seluruh pengelola jurnal yang ada di Kalimantan Barat. Abrori

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]