Raker: Titik Tolak Mewujudkan Visi dan Misi Universitas

  02-Aug-2017 16:08:27     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Sebagai perguruan tinggi yang senantiasa tanggap terhadap perubahan dan kebutuhan masyarakat, UM Pontianak selalu berupaya memperbaiki kualitas yang ada dan meningkatkan perolehan-perolehan prestasi yang didapat untuk menuju tataran yang lebih baik lagi. Hal ini, sesuai dengan visi dan misi UM Pontianak ”Menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan iptek, seni dan sumber daya manusia untuk pemberdayaan masyarakat berdasarkan nilai-nilai ke Islaman”

Di sisi lain, makin berkembangnya aspek keorganisasian UM Pontianak menuntut penataan internal secara komprehensif sesuai dengan tuntutan eksternal berupa kebijakan pemerintah dan tuntutan normatif stakeholder lainnya.

Untuk melakukan perbaikan terhadap semua permasalahan seperti diuraikan di atas maka diperlukan Rapat Kerja (Raker) untuk mencari alternatif-alternatif solusi yang akan digunakan sebagai kebijakan lembaga pada masa satu tahun yang akan datang. Raker UM Pontianak kali ini menganggkat tema “Mewujudkan UM Pontianak unggul dalam pengembangan IPTEK, Seni, dan Sumber Daya Manusia” Raker dilaksanakan di Aula Lantai 3 UM Pontianak. Acara dihadiri seluruh dosen dan Karyawan di lingkungan UM Pontianak. Raker dilaksanakan selama 2 hari antara tanggal 1-2 Agustus 2017   

Bapak Drs. Abdussamad, M.Pd selaku anggota BPH UM Pontianak dalam sambutannya mengatakan “UM Pontianak adalah sebuah bangunan maka semua unsur harus saling menguatkan. Raker adalah awal dari proses yang baik dan sebagai titik tolak mewujudkan visi dan misi universitas. Fungsional, Efektif, Efisien dalam perencanaan anggaran, Transparansi dan audit internal sangat penting bagi kelangsungan jalannya universitas. Anggaran bukan seberapa besar tapi ada fungsi atau tidak”. BPH memiliki tupoksi untuk pembinaan dan pengawasan. Pada akhir sambutannya beliau berpesan bahwa setiap orang adalah pemimpin dan pemimpin akan dimintai pertanggunjawaban.

Sementara itu Bapak Rektor dalam sambutan dan sekaligus membuka acara raker mengatakan “Selama ini raker tidak dilakukan secara khusus hanya dalam skala kecil. Raker sebagai langkah untuk melakukan evaluasi dan tindak lanjut dari pelaksanaan visi dan misi UM Pontianak. Banyak perguruan tinggi mengalami kendala finansial dan akademik. Evaluasi harus segera dilakukan setiap unit untuk mengetahui perkembangan di masyarakat, mencari solusi dalam permasalahan, dan memperbaiki knierja. Dasar dari raker adalah mengacu pada hasil evaluasi akreditasi pada tingkat Universitas maupun fakultas agar nanti penilaian pada saat akreditasi dapat meningkat".

Pada raker kali ini terlebih dahulu peserta diberikan arahan oleh wakil rektor I, II dan III. Kemudian peserta raker dibagi ke dalam tiga komisi. Komisi A membawahi (Bidang Akademik dan Kerjasama) Komisi B membawahi (Manajemen dan Sumber Daya) dan Komisi C (Membawahi kemahasiswaan dan AIK). Setelah selesai pada sidang komisi kemudian hasil rekomendasi dibawa dalam rapat pleno sidang untuk kemudian diambil secara suara secara mufakat sebagai program satu tahun kedepan. Kontributor oleh Srigati, Adi Pasah Kahar&Abrori




Terkait

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com