UM Pontianak Juara 2 Parade Cinta Tanah Air

  28-Jul-2017 14:07:07     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Bela negara merupakan bentuk dari cinta tanah air. Ada yang berpendapat bahwa bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur, menyeluruh, dan terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negaratentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatunegara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negaratersebut. Hal ini, berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Tujuan bela negara, di antaranya: Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara; Melestarikan budaya; Menjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945; Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara; Menjaga identitas dan integritas bangsa/ negara. Sedangkan fungsi bela negara, di antaranya: Mempertahankan Negara dari berbagai ancaman; Menjaga keutuhan wilayah negara;Merupakan kewajiban setiap warga negara.

Pertahanan dan keamanan negara menjadi tanggung jawab setiap rakyat. Kurangnya pngetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya di kalangan pemuda terhadap bela negara, inilah keprihatian bersama yang dihadapi negara kita, karenanya kemudian kementerian pertahanan memberikan pemahaman bela negara melalui kegiatan lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2017 yang bertempat di hotel Borneo Pontianak. Hal ini, disampaikan oleh Brigjen TNI Patut Sudarsono SIP (Pejabat PTP Kemenhan Provinsi Kalimantan Barat).

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari tingkat SMA dan Perguruan Tinggi. Untuk SMA diikuti oleh 34 Tim, sedangkan untuk pergurian tinggi diikuti oleh 19 tim yang terdiri dari UM Pontianak, Universitas Tanjungpura, Universitas Panca Bhakti, STMIK Pontianak, STIE Pontianak dan IKIP-PGRI Pontianak.

Setelah melalui beberapa tahapan akhirnya didapatkan pemenang pada lomba PCTA tahun 2017 tingkat Provinsi Kalimantan Barat antara lain; Juara 1 dari Untan, Juara 2 dari UM Pontianak (yang diwakili oleh Pipin Septiani dan Azzahra Safiqa), Juara 3 IKIP-PGRI Pontianak dan Juara Harapan 1 dari Untan*. Kontributor Pipin Septiani

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]