Bidikmisi Untuk Kalangan ‘tidak mampu’ dan ‘pintar’

  15-Jun-2017 17:06:00     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang paling mendasar setelah terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Pendidikan sebagai salah satu proses pendewasaan, membimbing, dan meningkatkan potensi-potensi yang dimiliki oleh individu. Pendidikan lahir dari pengetahuan dan hasil dialektika kebudayaan masyarakat. Oleh karena itu, tujuan dari pendidikan sejatinya adalah mengganti kebudayaan manusia yang terbelakang menjadi kebudayaan yang maju. Jelaslah sudah bahwa sasaran dari pendidikan adalah masyarakat luas bukan hanya segelintir kelompok saja.

Untuk itu, pemerintah dengan tanggung jawabnya memberikan bantuan beasiswa untuk pemerataan pendidikan. Berbagai jenis beasiswa dan bantuan biaya pendidikan baik oleh pemerintah pusat, daerah maupun dari dunia usaha sebenarnya sudah banyak diluncurkan. Akan tetapi, bantuan yang diberikan relatif belum dapat memenuhi kebutuhan studi, jumlah sasaran dan belum menjamin keberlangsungan studi mahasiswa hingga selesai.

Sehingga pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mulai tahun 2010 meluncurkan Program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi). Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Dalam kurun 2010-2016 sebanyak 352.409 mahasiswa mendapatkan jatah Bidikmisi. Pada 2016 jumlah mahasiswa yang meraih beasiswa tersebut sebanyak 74.128 dan pada 2017 angkanya akan ditingkatkan. (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Misi Bidikmisi pertama menghidupkan harapan bagi masyarakat tidak mampu dan mempunyai potensi akademik baik untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi; kedua menghasilkan sumber daya insani yang mampu berperan dalam memutus mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam visinya Bidikmisi ditujukan untuk tepat sasaran yaitu untuk kalangan ‘tidak mampu’ dan ‘pintar’, Perlu diketahui juga bantuan yang diberikan dalam program ini terdiri dari, bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa perbulan yang ditentukan berdasarkan Indeks Harga Kemahalan daerah lokasi Perguruan Tinggi dan Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola persemester pada mahasiswa.

Adapun tujuan Bidikmisi (1) Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik; (2) Memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dan tepat waktu; (3) Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler;

Sedangkan aspek sasaran program Bidikmisi adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun tersebut atau sudah lulus satu tahun sebelumnya yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik. Yang artinya bahwa ijazah yang akan digunakan dalam pendaftaran bidikmisi maksimal berumur satu tahun. Bidikmisi pada perguruan tinggi swasta disosialisasikan oleh koordinator perguruan tinggi swata (Kopertis). Dalam hal ini di Kalimantan dilakukan oleh Kopertis XI yang diwakili oleh Bapak Muntah.  

Kegiatan sosialisasi Bidikmisi bertempat di UM Pontianak yang dihadiri oleh STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, STMIK-Pontianak, STIKES YARSI, IKIP-PGRI, Universitas Kapuas Sintang, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Buana, Akademi Manajemen Bumi Sekali Bengkayang dan STKIP Singkawang. Dari berbagai sumber diedit oleh  Abrori

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com