Bimtek Transfer Pengetahuan dan Pengalaman Antarpeneliti

  14-Jun-2017 17:06:13     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Memasuki abad kedua, Muhammadiyah senantiasa bergerak dalam lingkungan umat, bangsa, dunia kemanusiaan universal yang sarat dinamika, masalah, tantangan aktual yang multi-dimensi dengan keniscayaan melakukan ikhtiar mencermati, mengantisipasi, dan memberikan solusi strategis dalam bingkai Islam berkemajuan menuju pencerahan peradaban.

Lebih jauh dinamisnya perkembangan kehidupan di ranah lokal, nasional, dan global bersifat kontemporer dan sangat kompleks menuntut Muhammadiyah untuk menyusun program-program yang mampu mengantisipasi dan memberikan jawaban aktual sejalan dengan misi utama dakwah serta tajdid dalam gerakannya. Jawabanya adalah dengan melibatkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) untuk melakukan sebuah kajian dan penelitian.

Adapun Tema Penelitian/Tulisan yang diangkat dengan merujuk salah satu topik-topik riset pada bidang prioritas Muhammadiyah Abad Kedua, yaitu: (1) Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi Muhammadiyah (2) Pelayanan Kesehatan Amal Usaha Muhammadiyah (3) Dakwah Muhammadiyah (4) Fatwa-fatwa tarjih Muhammadiyah (5) Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Muhammadiyah.

Adapun luaran yang diharapkan dari Hibah Penelitian tentang Muhammadiyah ini mencakup publikasi pada Jurnal Ilmiah khususnya yang diterbitkan oleh perguruan tinggi Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah. Selain jurnal, dapat pula berbentuk prosiding dari hasil konferensi/Seminar/Simposium. Luaran lainnya ialah berbentuk poster ilmiah untuk konferensi tahunan kajian Muhammadiyah.

Untuk target tersebut PP Muhammadiyah dalam hal ini Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah merasa perlu melakukan “Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Hibah Penelitian” (Bimtek). Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proposal yang diajukan oleh para Dosen PTM. Selain itu, juga untuk mendorong terjadinya skema transfer pengetahuan dan pengalaman antarpeneliti, dan menawarkan mekasismesharing authosharingdalam publikasi dalam publikasi hasil penelitian.

Bertolak dari tujuan di atas dipandang penting untuk melakukan Bimtek bagi para dosen PTM yang telah mengajukan proposal hibah Riset Muhammadiyah, karena saat ini dana penelitian dari kampus PTM yang besar itu belum semua terserap, sehingga dana-dana tersebut telah terkumpulkan dan jadikan sebagai dana stimulan penelitian nasional di lingkungan PTM.

Sementara itu, di wilayah Kalimantan Bimtek penyusunan Hibah Penelitian Muhammadiyah ini akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada hari Rabu-Kamis, lebih tepatnya tanggal 14-15 Juni 2017 bertempat di Aula Lantai 3 Kampus UM Pontianak, dengan jumlah peserta 18 kelompok, yang terdiri atas 15 dari UM Pontianak, 3 kelompok dari UM Palangkaraya. Bimtek penyusunan proposal hibah penelitian muhammadiyah abad kedua Batch II, telah difasilitatori oleh Amika Wardana, Ph.D dan Agung Prihantoro dengan dimoderatori oleh Wakil Rektor I: Heriansyah, SH., SHi., M.Pd. dari berbagai sumber diedit oleh Abrori 

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com