Pembekalan KKN-PPM: Asa mahasiswa dalam melaksanakan program

  08-Jun-2017 09:06:40     abrori     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa, karenanya sebelum turun kelapangan mahasiswa diberikan pembekalan, agar saat pelaksanaan kegiatan KKN-PPM mahasiswa terarah sesuai dengan rencana program.  UM Pontianak tahun ini telah mendapatkan beberapa program KKN-PPM yang di danai oleh Kemenristek Dikti. Salah satunya di kabupaten Sambas.  

Program KKN-PPM tersebut beberapa saat yang lalu telah mengadakan pembekalan bagi mahasiswa-mahasiswanya. Pembekalan tersebut di isi oleh pemateri dari Tim Pengabdian di antaranya Dedi hariyanto, Devi Yasmin, Dr Muiszudin dan Rudi alfian, pembekalan pada mahasiswa peserta KKN-PPM ini adalah salah satu unsur dari bobot 4 SKS.

Materi pembekalan berupa penyampaian program-program yang akan dilakukan sesuai dengan usulan yang telah disetujui oeh Dikti. Ada empat kelompok besar kegiatan yang akan di lakukan di desa Mitra yaitu Desa Serumpun Buluh di antaranya pertama bidang peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan nilai ekonomis hasil pertanian masyarakat menjadi produk lokal berupa mendesain kemasan produk, pemasaran dan penyedian peralatan packing.

Kegiatan yang kedua bidang perikanan dari penyuluhan sampai pelatihan dan penerapan cara pembudidayaan dan pembuatan pakan berbasis bahan-bahan lokal. Ketiga Kegiatan bidang pendidikan. Kegiatan ini mempunyai tujuan ikut dalam mencerdaskan anak-anak dan remaja dengan membuat kelompok-kelompok belajar di desa. Dan keempat kegiatan yang menjadi perhatian adalah di bidang kesehatan berupa program air bersih karena sulitnya air bersih di Desa Serumpun Buluh.

Adapun materi lainnya berupa kegiatan dalam menjaga kekompokan anggota mahasiswa yang melaksanakan program-program, kiat-kita dalam melaksanakan program karena pengalaman-pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya dalam mengumpulkan masyarakat sangat kesulitan dikarenakan masyarakat memiliki aktivitas untuk menunjang penghidupannya.

Kontributor :  Dedi Hariyanto
Editor : Abrori

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com