UM Pontianak Siap Menuju Akreditasi A

  10-Mar-2017 19:03:39     pebli hardi     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Keberhasilan sebuah perguruan tinggi (PT) dapat dilihat dari beberapa aspek mulai dari sarana prasarana, tata kelola, pembelajaran, penelitian, pengabdian sampai dengan kualitas sumber daya manusia dan mahasiswanya. Salah satu bentuk penilaian atas keseluruhan aspek tersebut di Indonesia adalah akreditasi. Akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Selain untuk melakukan penjaminan mutu secara eksternal juga menjadi indikator maju tidaknya perguruan tinggi. Tidaklah heran kemudian akreditasi baik di tingkat program studi maupun tingkat institusi menjadi martabat sebuah perguruan tinggi termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Universitas Muhammadiyah (UM Pontianak) adalah satu dari 26 PTM (15,95%) yang memilki akreditasi institusi (AIPT) B dari 163 PTM se-Indonesia. Saat ini, 3 (1,84%) PTM yang terakreditasi A, 49 (30,06%) PTM terakreditasi C dan selebihnya yakni 85 (52%) PTM belum terakreditasi instutusi. Predikat B bagi UM Pontianak menujukkan bahwa kualitas penyelenggaraan UM Pontianak sangat baik karena telah melampaui standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah melalui BAN PT. Apalagi secara nasional, saat ini (2017), baru 3,53 % PT yang terakreditasi A, 30,59 % PT terakreditasi B, 57,65 % PT terakreditasi C dan selebihnya belum terakreditasi dari 4536 PT, Dengan demikian secara nasional UM Pontianak menempati peringkat 33,62 % dari seluruh PT yang memilki AIPT B.

Peringkat AIPT B yang dimiliki UM Pontianak selain keunggulan sekaligus peluang untuk meningkatkan peringkat menjadi lebih baik yakni A. Tidak mustahil bagi UM Pontianak untuk mendapatkan predikat A ini mengingat beberapa PTM dan PT lain telah mampu mencapainya. Oleh karena itu, Majelis Pendidikan Tinggi dan Litbang PP Muhammadiyah melakukan Workshop Peningkatan AIPT dari B ke A dengan mengundang 26 PTM yang berpotensi termasuk UM Pontianak yang diwakilkan oleh Saudara Heriansyah, SH, SHI, M.Pd (Ketua PPM UM Pontianak). Workhsop yang diisi oleh tim Majelis Dikti PP Muhammadiyah yaitu Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec (Ketua APTISI dan mantan Rektor UII), Dr. Daniel Fernandes (Ketua AIPT UHAMKA) dan Dr. Budi Akbar  (Kepala LPM UHAMKA) kegiatan dilaksanakan selama 2 hari (8-9 Maret 2017) di UM Surabaya yang sebelumnya dilaksanakan di Palembang dan Jakarta.

“Akreditasi (AIPT) A harus by designed dan jangan disiapkan pada masa injury time” kata Prof. Edy dalam pemaparannya. Menurut beliau setiap PTM harus mempersiapkan Tim Task Force secepatnya tanpa harus menunggu masa berlaku akreditasi selesai. “UHAMKA berhasil meningkatkan status AIPT dari B menjadi A dalam masa 1 tahun karena mampu melakukan pengisian borang AIPT secara benar” ujar Dr.Daniel yang diiyakan oleh Dr. Budi Akbar. Beliau berdua membedah borang AIPT UHAMKA sekaligus memberikan tips dan triks untuk mengisi borang yang baik. Moga UM Pontianak mampu menjadi PT yang terakreditas A.

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com