Indonesia Berhasrat Jadi Negara Industri Perikanan Terbesar di Dunia

  13-Dec-2016 09:12:48     pebli hardi     0 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

eKoran.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah memiliki rencana yang amat besar ke depannya. Bahkan, tak tanggung-tanggung, kementerian yang dipimpin oleh Menteri Susi Pudjiastuti tersebut memiliki hasrat untuk menjadikan Negara Indonesia ini menjadi negara industri perikanan terbesar yang ada di dunia.

“Ke depannya, Indonesia ingin menjadi dapur pengolahan perikanan di dunia.” ungkap dari Direktur Pengembangan Investasi KKP Anang Noegroho saat ditemui di Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Saat ini, tambahnya, KKP terus melakukan upaya perbaikan di sejumlah instrumen sehingga mimpi untuk bisa menjadi negara terbesar dalam pengolahan ikan ini bisa terwujud dengan baik.

Anang Noegroho juga kembali mencontohkan, jika KKP akan memperbaiki sejumlah regulasi distribusi perikanan, perbaikan sistem logistik perikanan, gudang-gudang pendingin, bahkan juga hingga percepatan pembangunan cold storage.

“Kerja ini tak bisa untuk dilakukan secara sendiri oleh KKP, harus dilakukan antar kementerian dan juga kelembagaan. Kami membutuhkan satu payung hukum.” ungkap Anang Noegroho.

Seperti yang dilansir dari laman Kompas, Sabtu (23/7/2016), pada tahun 2017 nantinya, investasi dalam rangka rantai pendingin akan menjadi tumpuan dari KKP. Diantaranya yaitu investasi pembangunan pabrik pengolahan ikan atau cold storage.

Sementara itu, di tahun 2016 ini, KKP telah menargetkan suatu realisasi investasi pada sektor perikanan yang mampu mencapai hingga Rp 15 triliun.

Catatan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan jika minat investasi dalam sektor perikanan ini sudah mencapai hingga Rp 10 triliun.

Hasrat untuk menjadikan Indonesia sebagai negara industri perikanan terbesar di dunia memang sangat menakjubkan dan bukan menjadi salah satu hal yang mustahil bagi Indonesia. Mengingat, perikanan di Indonesia yang sangat melimpah dan beragam jenis olahan ikan yang sudah diolah, ada semua.

Sementara untuk masalah keamanan pun sudah kian diperketat agar kapal asing tidak bisa mencuri ikan lagi di perairan Indonesia, dan apabila nekat untuk mencuri, akan ditindak secara tegas oleh Pemerintah Indonesia.

Sekali lagi, bisa dikatakan, bukan menjadi hal yang mustahil atau sangat pasti jika Indonesia bisa menjadi negara industri perikanan yang terbesar di dunia.

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
[email protected]
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - [email protected]