5 TEMUAN TEKNIK TERBARU ANAK BANGSA

  25-Nov-2016 16:11:00     pebli     0 Hit

Bangga! Inilah 5 Penemuan Terbaru Anak BangsaDi Bidang Teknologi

Kreatifitas anak Indonesia memang tidak pernah mati. Mereka seakan selalu dipenuhi gagasan untuk menciptakan inovasi terbaru di bidang apapun yang mereka gemari. Salah satunya adalah di bidang Teknologi dan Sains.

Seperti beberapa penemuan di bawah ini yang merupakan kumpulan penemuan terbaru yang dibuat oleh anak Indonesia. Beberapa diantaranya telah berhasil mendapat

1.    Lampu seumur hidup temuan Mahasiswa Brawijaya

Pada pertengah tahun lalu, tiga mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya berhasil menemukan inovasi baru di bidang teknologi. Ketiganya berhasil menemukan lampu yang diklaim mampu untuk menyala seumur hidup dengan memanfaatkan sebuah bakteri sebagai sumber energinya.

Lampu seumur hidup Mahasiswa UB [source]

Bakteri yang dimanfaatkan bernama Bioluminescence yang biasanya hidup dengan menempel di tubuh cumi-cumi. Bakteri unik ini mampu mengeluarkan cahaya berwarna biru yang kemudian dimanfaatkan oleh ketiga anak muda kreatif ini di dalam penemuannya. Dengan memasukkan semakin banyak kandungan bakteri, maka cahaya yang dihasilkan akan semakin terang. Kelebihan lainnya dari bakteri ini karena cahaya yang dihasilkan tidak menimbulkan hawa panas.

Cara pembuatannya terbilang sederhana, yaitu hanya dengan memasukkan bakteri yang telah diisolasi dari tubuh cumi-cumi ke dalam sebuah alat bernama biolie. Lampu ini kemudian tinggal di tempatkan di salah satu bagian ruangan yang ingin diterangi. Sementara untuk hal perawatan, hal yang dilakukan pemilik persis seperti tengah merawat hewan peliharaan. Karena hanya dengan memberi makanan organik seperti sayuran yang difermentasi maka lampu ini akan menyala seumur hidup.

2.  Lemari es tanpa listrik temuan siswa SD Al Azhar 14 Semarang

Pada Oktober tahun lalu, dua siswa kelas 6 SD bernama Arya Nardhana Syariendrar dan Sanika Putra Ramadhan berhasil mengharumkan nama Indonesia. Keduanya berhasil membawa pulang medali perunggu dari ajang World Creativity Festival yang diadakan di kota Daejon, Korea Selatan.

Kulkas tanpa listrik SD Al Azhar 14 Semarang [source]

Alat penemuan mereka adalah sebuah kulkas tanpa listrik yang dibuat dari bahan stereofoam, pasir, serta air dingin. Cara pembuatan alat ini adalah dengan mengotak-atik stereofoam hingga berbentuk seperti kulkas lalu kemudian mengisinya dengan sayuran yang dimasukkan ke dalam kaleng biskuit. Untuk menjaga agar suhu sayuran tetap dingin, pasir dan air dingin ditaburkan di sekeliling kaleng.

Arya dan Sanika mengaku mendapatkan cara ini setelah keduanya melakukan pencarian di Internet. Darisanalah mereka tahu kalau ternyata pasir dapat menyimpan suhu sehingga akhirnya memutuskan untuk membuat penemuan ini.

3.  Lemari es tanpa listrik temuan siswa SD Al Azhar 14 Semarang

Satu lagi karya anak bangsa yang membanggakan. Kali ini datang dari tiga mahasiswa jurusan Teknik Elektro ITB yang berhasil menemukan alat pendeteksi dini penyakit jantung. Nama ketiganya adalah Rhandy Adhitya, Hamdan, dan Arrozaq.