Cegah batu ginjal dengan menikmati kopi di pagi hari

  17-Sep-2016 20:09:00     ADMIN     113 Hit
Click pada image untuk tampilan penuh

Merdeka.com - Keberadaan batu ginjal biasanya menyebabkan nyeri yang amat sangat dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin. Batu ginjal juga bisa menyebabkan Anda kesulitan berkemih dan hal ini akan semakin memperburuk kondisi. Hindari terbentuknya batu di dalam ginjal Anda dengan langkah-langkah berikut.

Minum air dan minum lagi
Batu ginjal biasanya terdiri dari kalsium baik itu fosfat maupun oksalat. Mineral diserap dari makanan dan biasanya dibuang melalui urin. Ketika urin terlalu pekat, mineral dapat mengkristal untuk membentuk batu. Minum setidaknya enam sampai delapan gelas air sehari untuk menjaga urin tidak menjadi terlalu pekat.

Aktivitas fisik
Olahraga dapat mengurangi risiko Anda terkena batu ginjal, sebanyak lebih dari 33 persen, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology. Berjalan kaki tiga jam seminggu atau jogging selama satu jam seminggu, akan mampu mengubah cara tubuh Anda menangani mineral yang masuk melalui makanan dan mengurangi mineral itu berkembang menjadi batu ginjal.

Menghindari soda
Sebuah studi terbaru dari Brigham and Women`s Hospital menemukan bahwa orang yang minum setidaknya satu porsi minuman ringan bergula setiap hari memiliki risiko 23 persen lebih tinggi terkena batu ginjal daripada mereka yang minum kurang dari satu porsi dalam seminggu. Mengapa? Karena fruktosa di dalam minuman tersebut dapat meningkatkan kadar kalsium, oksalat, dan ekskresi asam urat, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal.

Tingkatkan asupan kalsium Anda
Karena batu ginjal biasanya terbentuk dari kalsium, banyak orang berpikir bahwa menghindari mineral ini dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Tapi, berbagai penelitian ilmiah membuat kita tahu bahwa justru yang sebaliknyalah yang benar. Kalsium sebenarnya dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara mengikat oksalat di usus sehingga tidak mencapai ginjal.

Nikmati secangkir kopi pagi
Orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi berkafein memiliki risiko 26 persen lebih rendah menderita batu ginjal. Sedangkan mereka yang minum kopi tanpa kafein memiliki risiko 16 persen lebih rendah, dan peminum teh 11 persen lebih rendah, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal Clinical of American Society of Nephrology.

Waspadai sindrom ini
Sindrom metabolik adalah kondisi serius yang berhubungan dengan serangan jantung, diabetes, dan bahkan kematian. Tanda-tandanya adalah kelebihan lemak perut, trigliserida darah tinggi, HDL rendah, tekanan darah tinggi, dan gangguan toleransi glukosa. Peluang Anda untuk mengembangkan batu ginjal adalah sebesar 54 persen jika Anda memiliki dua ciri-ciri tersebut, dan 70 persen jika Anda memiliki tiga dari lima gejala tersebut.

Kurangi protein
Para ahli mengatakan terlalu banyak protein dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk batu ginjal berkembang. Cobalah untuk mengurangi asupan daging terutama daging merah.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
(0561) 764571 - Faks. (0561) 764571
kontak@unmuhpnk.ac.id
SOSIAL MEDIA
© Major Update 2017 - Dev. ICT UM PONTIANAK  
" carved with bare hand " - sh4rp.development@gmail.com